Kenaikan Harga Batubara Dongkrak Kinerja United Tractor Tahun Lalu

Kompas.com - 19/04/2018, 06:00 WIB
Mekanik mengecek alat berat di PT. United Tractors, Jakarta, Jumat (23/12/2012). KOMPAS/AGUS SUSANTOMekanik mengecek alat berat di PT. United Tractors, Jakarta, Jumat (23/12/2012).
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2016 hingga tahun 2017, pendapatan yang didapatkan oleh PT United Tractors Tbk (UNTR), anak perusahaan Astra Internasional di bidang alat berat, pertambangan, konstruksi, dan energi meningkat 43 persen dari Rp 45,11 triliun menjadi Rp 64,42 triliun.

Peningkatan pendapatan ini diiringi dengan meningkatnya laba sebesar 47 persen dari Rp 5 triliun menjadi Rp 7,4 triliun.

Kinerja positif dari United Tractors didorong oleh harga batubara yang tahun lalu masih berada pada level 90 dolar AS per ton. Peningkatan harga ini menggenjot permintaan pasar pertambangan terhadap alat berat.

Baca juga : United Tractors Kucurkan Rp 2,6 Triliun Bangun PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6

"Karena bisnis ini masih tinggi relasinya dengan batubara, sudah pasti kalau harga batubara bagus, dia juga akan dapat porsinya," ujar Head of Investor Relations Division United Tractors Tira Ardianti selepas acara Workshop Pasar Modal, Rabu (18/4/2018).

Alat Berat

Tira menambahkan dengan harga batubara yang saat ini mulai stabil, United Tractors masih memiliki keterbatasan dalam memenuhi permintaan alat berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dikarenakan adanya gap antara permintaan dan ketersediaan barang yang mendorong jumlah permintaan untuk produk alat berat cenderung masih tinggi.

Pada tahun ini, United Tractors memprediksi jumlah penjualan alat berat akan menyentuh angka 4.100 unit sampai 4.200 unit untuk merk Komatsu.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.