Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Hibahkan 24 Kapal Pelra ke 24 Kabupaten/Kota

Kompas.com - 19/04/2018, 17:31 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghibahkan 24 kapal pelayaran rakyat (pelra) ke 24 kabupaten/kota. Hibah tersebut dilakukan guna mendukung perkembangan pelra di seluruh wilayah kepulauan di Indonesia.

"Hari ini kami hibahkan 24 kapal kepada 24 kabupaten/kota se-Indonesia sebagai satu bentuk kepedulian kita yang ingin pelayaran rakyat menjadi ujung tombak ke wilayah luar dan ujung," ungkap Budi Karya di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/4/2018).

Budi Karya berharap, kapal-kapal pelra yang dihibahkan itu bisa memberikan tiga manfaat bagi 24 kota dan kabupaten tersebut.

Pertama, membangun kembali pelayaran rakyat yang sedang susah. Kemudian kedua, membangun kembali kearifan lokal dengan cara membangun kapal phinisi.

"Dan yang ketiga memberikan kesempatan kerja khususnya di Sulsel. Lainnya saya pikir logistik menjadi baik karena analisa kami ke daerah ujung pulau itu dibutuhkan kapal pelra," jelas Budi Karya.

Kapal-kapal pelra itu dihibahkan ke 24 kabupaten/kota yang di antaranya adalah Kabupaten Bangka Belitung, Kabupaten Kepulauan Meranti, Bintan, Natuna, Pangkep, Mesuji, Musi Banyuasin, Bulukumba, Situbondo, Sumba Timur, Rote, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, Tual, Minahasa Selatan, Seram Bagian Timur, dan DKI Jakarta.

Adapun dana yang digelontorkan untuk 24 kapal pelra tersebut adalah sekitar Rp 30 miliar yang berasal dari APBN 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com