Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 4,25 Persen

Kompas.com - 19/04/2018, 19:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate pada posisi 4,25 persen. Kebijakan tersebut berlaku efektif sejak Jumat (20/4/2018) esok.

Adapun suku bunga deposit facility juga dipertahankan pada posisi 3,5 persen. Suku bunga lending facility dipertahankan pada posisi 5 persen.

"Kebijakan tersebut konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan di tengah meningkatnya tekanan eksternal," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Dody mengungkapkan, pelonggaran kebijakan moneter yang sebelumnya telah diambil bank sentral dipandamng masih masih memadai untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi domestik. Kebijakan tersebut didukung kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran.

"BI akan fokus menjaga stabilitas perekonomian sebagai landasan utama terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," terang Dody.

Ke depan, bank sentral terus mewaspadai sejumlah peningkatan ketidakpastian pasar keuangan dunia. Bank sentral juga mewaspadai kenaikan harga minyak dan berlanjutnya perang dagang AS-China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com