Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa dan Lebaran, Mendag Sebut Harga Pangan Aman

Kompas.com - 20/04/2018, 17:38 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan, menjelang puasa dan Lebaran ini  harga pangan dalam kondisi stabil.  Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan dinas-dinas provinsi untuk menjaga harga pangan ketika puasa dan lebaran.

"Insya Allah semua sudah aman. Kita habis dari Surabaya dan semua pejabat Eselon I turun dalam rapat koordinasi di dinas provinsi," ujar Mendag selepas acara peluncuran Trade Expo Indonesia di Kementerian Perdagangan, Jumat (20/4/208).

Sebagai bentuk antisipasi peningkatan harga beras, Mendag meminta para pedagang untuk menjual beras kualitas medium sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditentukan.

"Beras ini kan yang paling sensitif. Kalau pedagang kekurangan stok, dari bulog sudah siap untuk memasok," ucapnya.

Baca juga: Jelang Bulan Puasa, Impor Kurma Meningkat 86 Persen pada Maret

Dia menyebut, akan menindak tegas para pedagang yang menjual beras dengan harga tinggi.

Sementara untuk bahan pangan lain seperti daging sapi, pemerintah sudah menyediakan daging sapi beku impor dengan harga Rp 80.000 per kilo.

"Seluruh importir wajib memasukkan kualitas daging setara paha depan dan karkas (daging yang masih menyatu dengan tulang). Jika sampai ada importir yang tidak mau, kita akan coret dari daftar importir," ujar Mendag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com