Libur Lebaran 11 Hari, Operator Telekomunikasi Senang

Kompas.com - 21/04/2018, 17:34 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia mengaku bahwa tambahan libur cuti bersama pada Idul Fitri 2018 atau lebaran, tidak akan mengganggu operasional mereka.

Bahkan ada juga yang malah menilai liburan tersebut bakal membawa untung.

Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati mengatakan bahwa kinerja operasional perusahaan tidak akan terganggu tambahan cuti lebaran.

Pasalnya sudah ada antisipasi berupa standar operating procedure (SOP) pelayanan, baik di hari kerja biasa, maupun saat libur lebaran.

"Justru kami melihat secara bisnis ini berpotensi memberi dampak yg positif bagi trafik telekomunikasi. Yang penting adalah mempersiapkan resources yang akan mengantisipasi lonjakan trafik tersebut," ujar Adita saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/4/2018).

Dia menambahkan tambahan libur berpotensi mendongkrak trafik telekomunikasi. Terutama di jalur-jalur menuju lokasi wisata serta lokasi wisata tersebut.

"Di Telkomsel setiap masuk Ramadhan dan Idul fitri selalu dibentuk task force yang bertanggung jawab atas layanan baik dr aspek network, produk maupun pelayanan pelanggan," terangnya.

Operator besar lainnya, yakni XL Axiata (XL) dan Indosat Ooredoo (Indosat) juga mengatakan hal serupa. Menurut mereka tambahan cuti lebaran tidak akan membuat operasional perusahaan telekomunikasi terganggu.

Vice President of Corporate Communication XL, Tri Wahyuningsih mengatakan perusahaan telah melakukan antisipasi jelang libur lebaran setiap tahun. Dengan demikian, operasional bisa tetap berjalan seperti biasa.

"Sebagai perusahaan yang fokus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, kami sudah menyiapkan ratusan team operasional yg standby menjaga jaringan, layanan pelanggan atau call centre, social media @MyXLcare & gerai XL Centre yang akan tetap buka untuk memastikan layanan ke pelanggan tetap berjalan baik," ujarnya saat dihubungi dalam kesempatan berbeda.

Sedangkan Indosat mengatakan siap untuk mengikuti ketentuan pemerintah mengenai cuti bersama. Penambahan cuti libur yang ada tidak akan mengganggu kinerja operasional perusahaan.

"Sejauh ini tidak ada (gangguan kinerja akibat libur). Pastinya kami akan mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah," pungkas Head of Corporate Communication Group Indosat, Deva Rachman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X