Melihat Kemegahan Markas Raksasa E-Commerce China Alibaba di Hangzhou

Kompas.com - 22/04/2018, 12:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

HANGZHOU, KOMPAS.com - Penetrasi perusahaan digital sekaligus raksasa e-commerce China, Alibaba Grup, kian meluas ke berbagai penjuru dunia. Berbagai kantor perwakilan pun dibangun dibeberapa negara.

Namun markas besar raksasa e-commerce China itu berdiri megah di  Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.

Pada awal pekan ini, Kompas.com berkesempatan untuk menyambangi kantor pusat Alibaba Grup di distrik Xixi, Hangzhou. Sekitar 180 kilometer dari Shanghai.

Uniknya, Alibaba menyebut kantornya itu sebagai kampus. Ya, kantor bagi pegawai Alibaba tak hanya pusat bekerja namun sekaligus tempat menimba dan mengembangkan potensi diri.

Kemegahan Alibaba Campus bisa terlihat dari bagian depan gedung utama 6 lantai lengkap dengan maskot Alibaba yang tingginya hampir 3 lantai.

Alibaba Campus di distrik Xixi dibuka pada 2013. Total luas area kampus mencapai 260.000 meter persegi dengan 8 gedung berdinding kaca di dalamnya.

Saking luasnya, karyawan yang bekerja kerap menggunakan sepeda untuk berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya. Jumlah karyawan Alibaba Grup yang bekerja di Alibaba Campus di distrik Xixi mencapai lebih dari 20.000 orang.

Fasilitas yang disediakan juga komplit. Mulai dari sepeda, restoran, sarana olahraga seperti tenis meja hingga bulutangkis, ruang rapat khusus, musium besar, hingga danau.

Ya, danau. Area di dalam Alibaba Campus terdapat danau yang cukup luas dengan berbagai tumbuhan di sekitarnya. Area ini kerap digunakan para karyawan untuk berjalan-jalan di sela-sela rutinitas kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.