Menhub Pastikan 3 Trayek Tol Laut Selesai Dilelang Bulan Ini - Kompas.com

Menhub Pastikan 3 Trayek Tol Laut Selesai Dilelang Bulan Ini

Kompas.com - 23/04/2018, 06:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, dalam rangka menghibahkan 24 kapal pelra ke 24 kabupaten/kota, Kamis (19/4/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, dalam rangka menghibahkan 24 kapal pelra ke 24 kabupaten/kota, Kamis (19/4/2018).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan lelang tiga trayek tol laut yang ditawarkan ke pihak swasta akan rampung April ini.

Satu dari tiga trayek tersebut diklaim Budi Karya telah menjalani proses lelang.

"Ya tinggal dua lagi dan akan kita lelang sebentar lagi. Mungkin dua minggu lagi akan selesai," ucap Budi Karya kepada Kompas.com di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, pekan ini.

Kendati begitu, Budi Karya tidak memberitahukan trayek mana yang sudah mendapatkan pemenang. Adapun ketiga trayek tol laut tersebut adalah Trayek T-5, T-8, dan T-10.

Tiga trayek tol laut yang dilelang ke operator swasta ini merupakan bagian dari tujuh trayek yang memang pengoperasiannya diberikan ke swasta.

Baca juga : Menhub: Ada Pertambahan Trayek Tol Laut pada Tahun Ini

Dari tujuh trayek yang dilaksanakan melalui proses lelang murni, saat ini telah ditetapkan empat perusahaan pemenang lelang dan telah beroperasi.

Empat perusahaan tersebut yakni PT Mentari Sejati Perkasa yang melayani Trayek T-7, PT Temas Line yang melayani dua trayek yaitu Trayek T-9 dan Trayek T-11 serta PT Meratus Line yang melayani Trayek T-12.

Kemenhub menargetkan akan ada 15 trayek tol laut yang akan beroperasi pada 2018. Jika tujuh trayek melalui proses lelang murni, maka delapan trayek dioperasikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui penugasan.

Sebanyak enam trayek telah ditugaskan kepada PT Pelni yaitu trayek T-2, T-4, T-6, T-13, T-14, dan T-15 serta dua trayek lainnya ditugaskan kepada PT ASDP Indonesia Ferry yaitu trayek T-1 dan T-3.

Baca juga : 15 Trayek Tol Laut akan Beroperasi Tahun Ini

Sedangkan dua trayek lainnya ditugaskan untuk melayani kawasan Indonesia barat masing masing untuk Trayek T-1 dengan pelabuhan pangkal di Pelabuhan Teluk Bayur dan T-2 dengan pelabuhan pangkal di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dari 15 trayek tol laut yang dioperasikan tahun 2018, sebanyak 13 trayek yang sudah melakukan perjalanan dari pelabuhan pangkal (home base) di Tanjung Perak tujuan kawasan Timur Indonesia.

Berikut ini daftar 15 trayek Tol Laut yang beroperasi pada 2018:

1. Trayek T-1 : Rute Teluk Bayur – P. Nias (Gn. Sitoli) – Mentawai (Sikakap) – P. Enggano – Bengkulu PP. Dioperasikan oleh ASDP dengan KM. Prima Nusantara 01.   

2. Trayek T-2 : Tanjung Priok – Tanjung Batu – Blinyu – Tarempa – Natuna (Selat Lampa) – Midai– Serasan – Tanjung Priok. Dioperasikan oleh Pelni dengan KM. Cakra Jaya Niaga III-4   

3. Trayek T-3 : Tanjung Perak – Belang Belang – Sangatta – Nunukan – Pulau Sebatik (Sungai Nyamuk) – Tanjung Perak. Dioperasikan ASDP dengan KM. Melinda 01

4. Trayek T-4 : Tanjung Perak – Makassar – Tahuna PP (Kapal utama) dioperasikan Pelni dengan KM. Logistik Nusantara I. Sementara Tahuna – Kahakitang – Buhias – Tagulandang – Biaro – Lirung – Melangoane – Kakorotan –Miangas – Marore – Tahuna (Kapal penghubung) dioperasikan dengan KM. Kendhaga Nusantara

5. Trayek T-5 : Tanjung Perak – Makassar – Tobelo – Tanjung Perak (Kapal utama), Tobelo – Maba – P.Gebe – Obi – Sanana – Tobelo (Kapal penghubung) Masih proses lelang

6. Trayek T-6 yang menghubungkan Tanjung Perak – Tidore – Morotai – PP dioperasikan oleh Pelni dengan KM. Logistik Nusantara 2.

7. Trayek T-7 yang mengubungkan Tanjung Perak – Wanci – Namlea – Tanjung Perak dioperasikan oleh PT Mentari Sejati Perkasa.

8. Trayek T-8 yang menghubungkan Tanjung Perak – Biak – Tanjung Perak (Kapal Utama) dan Biak – Oransbari – Waren – Teba – Sarmi – Biak (Kapal penghubung) Masih proses lelang

9. Trayek T-9 dari Tanjung Perak – Nabire – Serui – Wasior – Tanjung Perak dioperasikan oleh Temas Line.

10. Trayek T-10 dari Tanjung Perak – Fak Fak – Kaimana – Tanjung Perak masih dalam proses lelang

11. Trayek T-11 dari Tanjung Perak – Timika – Agats – Marauke – Tanjung Perak (Kapal Crossing) dioperasikan Temas Line.

12. Trayek T-12 dari Tanjung Perak – Saumlaki – Dobo – Tanjung Perak dioperasikan Meratus Line.

13. Trayek T-13 dari Tanjung Perak – Kalabahi – Moa – Rote (Ba’a) – Sabu (Biu) PP dioperasikan Pelni dengan KM. Logistik Nusantara 3.

14. Trayek T-14 dariTanjung Perak – Loweleba – Adonara – Larantuka PP dioperasikan Pelni dengan KM Logistik Nusantara 4.

15. Trayek T-15 Tanjung Perak – Kisar (Wonreli) – Namrole PP dioperasikan Pelni dengan KM. Caraka Jaya Niaga III-32.

Kompas TV Pemerintah memastikan waktu bongkar muat alias dwelling time di pelabuhan tidak akan kembali molor di atas 3 hari.


Komentar
Close Ads X