Batik Air Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Kompas.com - 23/04/2018, 09:40 WIB
Batik Air membuka rute penerbangan baru dari Cengkareng ke Labuan Bajo, mulai Jumat (15/12/2017).Dok. Batik Air Batik Air membuka rute penerbangan baru dari Cengkareng ke Labuan Bajo, mulai Jumat (15/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Batik Air menjadi maskapai paling tepat waktu untuk kawasan Asia Tenggara pada Maret 2018. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan OAG Flightview pada Maret 2018. 

Dari laporan OAG, Batik Air mencatatkan tingkat ketepatan waktu operasional (on time performance/ OTP) periode Maret 2018 yaitu 90,3 persen dengan total operasional 11.774 penerbangan.

"Pencapaian tersebut menjadikan Batik Air sebagai airlines tertinggi berdasarkan OTP dan menduduki peringkat pertama terbaik di Asia Tenggara," kata CEO Batik Air Capt Achmad Luthfie dalam pernyataan resmi, Senin (23/4/2018).

Survei dilakukan pada maskapai besar berbasis Asia Tenggara yang memiliki lebih dari 5.000 penerbangan bulan tersebut.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengelola dan otoritas bandar udara domestik serta internasional, pemerintah selaku regulator, pengatur lalu lintas udara (ATC), awak pesawat, karyawan dan karyawati Batik Air dan berbagai pihak yang memberikan dukungan penuh atas operasional Batik Air selama ini," tambah dia.

Baca juga: Maskapai Terapkan Aturan tentang "Power Bank" bagi Penumpang

On-time merupakan ketepatan pesawat saat tiba atau berangkat dalam 14 menit dan 59 detik (kurang dari 15 menit) dari waktu yang dijadwalkan.

OAG sendiri menjalankan laporan di lebih dari 80 persen jadwal penerbangan seluruh dunia.

Lembaga riset dan informasi penerbangan berbasis di Inggris ini juga memiliki jaringan data perjalanan udara terbesar secara internasional, termasuk database jadwal penerbangan lebih dari 900 maskapai dan lebih dari 4.000 bandar udara.

Hingga saat ini Batik Air terbang ke 40 destinasi domestik dan internasional dengan frekuensi mencapai lebih dari 300 penerbangan per hari, didukung 54 armada yang terdiri dari Airbus A320 CEO dan Boeing 737-800/900 ER.

Untuk pengaturan operasional, Batik Air memiliki utilisasi 12 jam per hari, dua pesawat menjalani perawatan (schedule maintenance) serta satu pesawat sebagai cadangan (stand by).

Baca juga:  NAM Air Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu, Ini Daftar Lengkapnya

 




Close Ads X