Akan Meluncur Juli-Agustus, Pembangunan Satelit Telkom 4 Hampir 100 Persen

Kompas.com - 23/04/2018, 10:30 WIB
Ilustrasi satelit IstIlustrasi satelit

KOMPAS.com - Pembangunan satelit Telkom 4 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom sudah mencapai 99 persen saat ini. Sehingga, satelit anyar Telkom ini bisa segera meluncur dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ismail di Jakarta, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

"Artinya sinyal bagus untuk satelit bisa diluncurkan antara pertengahan Juli hingga Agustus 2018," kata Ismail.

Kemenkominfo menilai jika sejauh ini Telkom selalu patuh pada regulasi dalam pengelolaan satelit dan slot orbit. Telkom sudah bermain di bisnis satelit sejak tahun 1976.

Baca juga : Telkom Kaji Percepatan Peluncuran Satelit Telkom 4

"Mereka mengelola dua slot orbit dan selalu melakukan perencanaan yang matang sejak pengadaan hingga operasional," katanya.

Telkom sudah mengumumkan rencana peluncuran Satelit Telkom 4 jauh-jauh hari. Rencana awalnya, satelit yang akan diproyeksikan menggantikan Satelit Telkom 1 yang rusak itu meluncur pada Agustus 2018.

Satelit Telkom 4 rencananya akan diluncurkan menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa SpaceX dari Amerika Serikat (AS) ke slot orbit 108 Bujur Timur.

Lebih Cepat

Sebelumnya, Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief di sela-sela acara Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2018 beberapa waktu lalu pembangunan satelit Telkom 4 nyaris selesai.

Menurut dia, saat ini yang ditunggu justru slot untuk launcher alias peluncur yang diperkirakan ada di Agustus 2018. “Window waktunya (peluncuran) ya Agustus, nunggu slot launcher,” ujarnya.

Baca juga : Saham Telkom dan Astra Internasional Dinilai Masih Layak Dikoleksi

Sementara Direktur Utama Telkom Alex Sinaga mengatakan sebelumnya bahwa peluncuran Satelit Telkom 4 bisa dipercepat. Hal ini menyusul hasil rapat teranyar antara Telkom dengan pabrikan satelit tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X