Kompas.com - 23/04/2018, 12:14 WIB
Ilustrasi rupiah ThinkstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), Ali Subroto, menyatakan, pelemahan nilai tukar rupiah berdampak secara langsung bagi industri elektronik dalam negeri. Produsen pun bersiap menaikkan harga jual produk mereka.

Hal tersebut dikarenakan saat ini produk elektronik masih banyak yang menggunakan komponen yang diimpor menggunakan mata uang dollar AS.

"Kalau rupiah melemah atau dollar AS menguat, cost-nya naik baik yang diimpor maupun produksi dalam negeri, dan otomatis harga jual harus dinaikkan,” kata Ali seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (23/4/2018).

Ali menambahkan, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut pasti akan berdampak negatif bagi industri.

Baca juga: Tembus Rp 13.900 Per Dollar AS, Rupiah Terlemah Sejak Tahun 2016

Selain itu, pelaku industri juga harus menghitung kerugian selama mencapai titik keseimbangan baru itu.

"Dampak terhadap industri maupun importir barang elektronika adalah negatif, biasanya membutuhkan waktu untuk mencapai equilibrium baru dengan harga baru atau model baru, dan menghitung kerugian selama mencapai equilibrium yang baru tadi,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia menambahkan, yang justru diuntungkan dalam kenaikan dollar AS adalah pelaku usaha yang mengekspor komoditas sumber daya alam.

"Setiap terjadi pelemahan rupiah maka pelaku bisnis selalu pusing menghitung kerugian, Yang menikmati hanya mereka yang mengekspor sumber daya alam, cost-nya rupiah harga jualnya dollar AS,” kata dia.

Data Bloomberg hingga pukul 11.45 WIB hari ini, rupiah di pasar spot berada di posisi Rp 13.921 per dollar AS atau melemah 0,13 persen dibandingkan akhir pekan lalu pada 13.893.

Posisi rupiah berada di kisaran 13.900 terakhir terlihat awal Januari 2016 silam.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) seperti dikutip dalam laman resmi Bank Indonesia hari ini, berada di di posisi Rp 13.894 per dollar AS. Posisi ini melemah dibanding akhir pekan lalu pada 13.804. (Syahrizal Sidik)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Industri Elektronik Terdampak Pelemahan Rupiah



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.