Penting, Utamakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Kompas.com - 24/04/2018, 19:26 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau penjemuran gabah di PT Mitra Desa Bersama Tempuran, Kamis (19/4/2018).PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan pembinaan melalui PT Mitra Desa Bersama Tempuran (PT Mitra Sasaran). KOMPAS.com/Farida FarhanMenteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau penjemuran gabah di PT Mitra Desa Bersama Tempuran, Kamis (19/4/2018).PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan pembinaan melalui PT Mitra Desa Bersama Tempuran (PT Mitra Sasaran).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah hal penting yang menjadi agenda pokok pemerintah melalui berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Dalam hal ini, kegiatan itu juga mencakup pada program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain Telkom. Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Menteri BUMN Rini M Soemarno tatkala berkunjung kerja ke Desa Lemah Duhur, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang dalam acara panen raya bersama Petani Desa Lemah Duhur pada Kamis (19/4/2018), menegaskan kementerian BUMN terus mendorong BUMN-BUMN untuk memberikan bantuan kepada masyarakat tanpa memandang suku agama, ras antar golongan (SARA) dan dalam semangat keberagaman.

“BUMN-BUMN itu berkarya dari Sabang-Merauke, dari Barat sampai Timur Indonesia. Saya menekankan bahwa semangat keberagaman itu selalu menjadi nomor satu. Bahwa bantuan diberikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, tanpa memandang SARA. Semua masyarakat kita rangkul, “ tegas Rini.

Menurut laman pressrelease.id, pada kesempatan itu, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)  PT Mitra Desa Bersama Tempuran/PT Mitra Sasaran (Persero) membeli 4.000 ton gabah hasil panen dalam kegiatan serap gabah. Perusahaan tersebut dibentuk melalui skema kerja sama antara PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan petani-petani yang bergabung di Bumdes Bersama di Kecamatan Tempuran.

Catatan juga datang dari DPR soal CSR Telkom. Selama ini, kegiatan tersebut memberi manfaat dan membantu program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, kata Ketua Komisi VI DPR Teguh Juwarno.

Dari Serikat Karyawan Telkom diperoleh informasi bahwa  pengelolaan CSR perusahaan berdampak positif secara sosial lantaran tidak pernah ada diskriminasi, baik terkait antaragama, suku, maupun golongan.

Program-program CSR dari perusahaan telah berjalan di seluruh wilayah Indonesia dengan proporsional dan berimbang, seperti program-program Telkom Group Berbagi Ramadan dan Idul Fitri yang berjalan setiap tahunnya.


Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8/2017). ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8/2017).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X