Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bitcoin Kembali Menguat Seiring Melemahnya Pasar Investasi Lain

Kompas.com - 25/04/2018, 09:58 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Berdasarkam data Coindesk, Bitcoin kembali menguat mendekati 9.436 dolar AS pada Selasa (24/4/2018) waktu setempat, atau melonjak 20 persen dari minggu lalu.

Bitcoin akhirnya kembali beranjak setelah tiga bulan belakangan hampir kehilangan nilai hingga 48 persen.

Pasar keuangan lainnya justru bergerak ke arah berlawanan seiring dengan meningkatnya suku bunga 10 tahun US Treasury menjadi 3 persen.

Dikutip dari CNBC, rekanan dari Block Chain Capital Spencer Bogart mengaatakan, Bitcoin merupakan alternatif menggiurkan bagi investor yang memerhatikan isu-isu makroekonomi beberapa minggu belakangan ini.

"Bitcoin tidak berkorelasi dengan aset tradisonal lain, sehingga dapat meningkat secara signifikan," ujarnya.

Sementara itu, Goldman Sachs melakukan investasi cryptocurrency pertamanya, dan hasil survei Thomson Reuters yang dipublikasikan pada hari Selasa (24/4/2018) waktu setempat menunjukkan satu dari lima perusahaan mulai mempertimbangkan untuk melakukan trading dengan mata uang digital tahun depan.

Menurut CEO BitBull Capital Joe DiPsquale, hal inilah yang mendorong pergeseran nilai dan harga

"Setelah semakin banyak pemberitaan mengenai perusahaan yang berpartisipasi dalam pasar crypto, valuasi bitcoin akan terus meningkat secara stabil," ujarnya.

"Telah terjadi pergeseran sentimen terhadap cryptocurrency ke arah yang lebih positif, ditandai dengan harga Bitcoin yang melonjak dibanding minggu lalu," tambahnya.

Managing Partner dan Head of Research dari Fundstrat Global Advisors Tom Lee mengatakan beritamengenai Goldman merrupakan angin segar bagi masa depan cyptocurrency.

"Hal ini menandakan bak investasi besar sudah mulai melihat adanya kejelasan dan aliran uang dalam layanan transaksi jenis ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com