Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra International Bagikan Dividen Rp 7,4 Triliun

Kompas.com - 25/04/2018, 16:37 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Astra Internasional Tbk (ASII), Rabu (25/4/2018), memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 7,48 triliun.

Jumlah tersebut merupakan 39,6 persen dari laba bersih perseroan sepanjang tahun 2017 yakni Rp 18,88 triliun.

Sisa laba bersih, senilai Rp 11,39 triliun dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Setiap pemegang saham berhak untuk mendapatkan Rp 185 per saham. Nilai ini termasuk Rp 55 per saham interim atau secara keseluruhan berjumlah Rp 2,22 triliun yang telah dibayarkan pada tanggal 27 Oktober 2018.

Baca juga: April Ini BCA Bagikan Dividen Rp 6 Triliun

Sisanya, sebesar Rp 130 per saham atau seluruhnya berjumlah Rp 5,2 triliun akan dibayarkan pada tanggal 25 Mei 2018 mendatang.

Lebih lanjut, ASII menganggarkan capital expenditure (belanja modal) hingga Rp 29 triliun. Nilai ini meningkat 26,08 persen dibandingkan belanja modal tahun lau sejumlah Rp 23 triliun.

"Penggunaan capex, terbesar untuk United Tractors yang hampir menyentuh Rp 12 triliun tahun ini. Ini karena karena harga batu bara tertekan di angka 90 dollar AS per ton, kami sekarang juga sedang mengembangkan produksi coking coal yang membutuhkan equipment," ujar Direktur Independen Astra Indonesia Djony Bunarto Tjondro, saat memberikan keterangan pers selepas RUPST di Menara Astra.

Selain itu, anggaran belanja modal dialokasikan untuk agribisinis sejumlah Rp 2 triliun, infrastruktur Rp 1 triliun.  Jumlah tersebut di luar investasi dengan GoJek sebesar Rp 2 triliun.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com