Di Jerman, Ada Uang Kertas 0 Euro Bergambar Karl Marx - Kompas.com

Di Jerman, Ada Uang Kertas 0 Euro Bergambar Karl Marx

Kompas.com - 26/04/2018, 13:47 WIB
Karl Marx Karl Marx

LONDON, KOMPAS.com - Di sebuah kota di Jerman bernama Trier, ribuan lembar uang kertas pecahan 0 euro laris diburu. Uang kertas ini, yang ternyata merupakan cinderamata, menampilkan gambar wajah filsuf politik Karl Marx.

Dikutip dari CNN Money, Kamis (26/4/2018), departemen pariwisata kota tersebut menjual uang kertas bergambar Marx dengan harga 3 euro per lembar, atau setara sekitar Rp 45.000. Uang kertas ini hadir menandai 200 tahun kelahiran Marx yang jatuh pada 5 Mei.

Marx lahir di Trier pada tahun 1818. Ia menempuh pendidikan hingga SMA di kota tersebut sebelum melanjutkan kuliah di kota lain.

Distribusi pertama uang kertas 0 euro tersebut sebanyak 5.000 lembar ludes terjual pada awal pekan ini. Pemerintah kota Trier tengah kembali mencetak 20.000 lembar untuk memenuhi permintaan dari pembeli dari seluduh dunia, termasuk Australia, Brazil, dan AS.

Baca juga : Tak Lagi Bernilai, Uang Kertas Venezuela Dijadikan Kerajinan Tangan

"Cinderamata ini sejalan dengan kritik Marx terhadap kapitalisme," sebut Norbert Kaethler, direktur pelaksana Kantor Pariwisata dan Pemasaran Kota Trier.

Marx menulis karya legendaris berjudul The Communist Manifesto. Ia menulis soal ide-ide revolusioner mengenai kelas masyarakat, kapitalisme, dan tenaga kerja.

Selain The Communist Manifesto, Marx juga menulis karya yang tak kalah legendaris, yakni Das Kapital pada tahun 1867 silam. Buah pikirannya dipinjam, diinterpretasikan, dan diadopsi oleh gerakan politik di seluruh dunia, termasuk di Rusia, Kuba, dan China.

Marx mempublikasikan The Communist Manifesto bersama Friedrich Engels pada tahun 1848 silam. Karya itu dianggap sebagai yang paling sohor sepanjang sejarah gerakan sosialis.

Kompas TV Warga Antusias Tukar Uang



Komentar
Close Ads X