Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Rupiah, BI Ajak Tak Fokus pada Level Psikologis tanpa Lihat Persentase Depresiasi

Kompas.com - 27/04/2018, 07:32 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengimbau masyarakat serta pelaku bisnis untuk tidak hanya berfokus pada level psikologis dalam hal pelemahan atau depresiasi rupiah terhadap dollar AS.

Taksiran level psikologis nilai tukar rupiah yang mencapai Rp 14.000 per dollar AS disebut Agus masih terkendali, tetapi di lapangan terkesan depresiasi tersebut seperti nominal yang besar.

"Secara persentase, dampak di Indonesia tidak sebesar negara-negara lain. Kebetulan Indonesia mata uangnya rupiah dan ekuivalen 1 dollar di Rp 13.700 sampai Rp 13.800," kata Agus melalui konferensi pers di Bank Indonesia, Kamis (26/4/2018) malam.

Agus menjelaskan, depresiasi rupiah month to date (1-26 April) sebesar minus 0,88 persen. Dengan besaran tersebut, nampak nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih lebih baik ketimbang mata uang beberapa negara dengan depresiasi yang jauh lebih dalam.

Baca juga : Gubernur BI Sebut Rupiah Masih Lebih Baik Dibanding Mata Uang Asia Lainnya

Mata uang yang dimaksud adalah baht Thailand (depresiasi minus 1,12 persen), ringgit Malaysia (depresiasi minus 1,24 persen), dollar Singapura (depresiasi minus 1,17 persen), won Korea Selatan (depresiasi minus 1,38 persen), dan rupee India (depresiasi minus 2,4 persen).

Data ini memperlihatkan bahwa posisi mata uang Indonesia dibanding negara-negara lain di Asia masih lebih baik dalam menghadapi pengaruh dollar AS hingga saat ini.

"Kalau seandainya ada batas psikologis yang mengatakan bahwa tembus Rp 13.900 atau Rp 14.000, itu seperti kita menembus suatu bilangan besar. Padahal, secara persentase dibandingkan mata uang lain, depresiasi di Indonesia tidak terlalu besar," tutur Agus.

BI meyakini bahwa pelemahan rupiah terhadap dollar AS hanya berlangsung sementara. Untuk menjaga dari berbagai kemungkinan, BI akan tetap berada di pasar untuk memastikan ketersediaan mata uang tersebut dan menjaga stabilitas sistem moneter di Indonesia.

Baca juga : Pelemahan Rupiah Berlanjut, BI Buka Ruang Kenaikan Suku Bunga

Kompas TV Pelemahan nilai tukar rupiah masih menimbulkan kekhawatiran, terutama dampak pada utang luar negeri yang harus dibayar tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com