Susi Targetkan Produksi 800 Ton Per Tahun Kakap Putih dari KJA Offshore Pangandaran

Kompas.com - 27/04/2018, 15:16 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menghadiri Beautyfest Asia 2018 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menghadiri Beautyfest Asia 2018 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menargetkan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore pertama Indonesia yang berada di Pangandaran, Jawa Barat bisa hasilkan ratusan ton ikan, terutama kakap putih.

KJA Pangandaran sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Susi pada Selasa (24/4/2018) lalu.

KJA Offshore Pangandaran terdiri atas delapan lubang dan mampu menampung lebih dari satu juta ton benih ikan.

"Pertama yang sudah dipelihara adalah di Kabupaten Pangandaran yang kemarin ditabur benihnya oleh Pak Presiden. Totalnya nanti kita tanam 1,2 juta ton dan kita harapkan dari delapan (lubang) KJA ini ada hasilnya kurang lebih 800 ton (per tahun)," jelas Susi saat jumpa pers di Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Pembuatan KJA tersebut bukannya tanpa alasan sebab disesuaikan dengan visi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kemampuan nelayan.

Pengelolaan KJA itu pun melibatkan nelayan yang sudah tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD).

"Apa yang kita lakukan di KKP dengan membuat KJA Offshore sesuai dengan visi Presiden Jokowi yang ingin membuat nelayan tak hanya mampu menangkap ikan, melainkan juga membudidayakan ikan dengan level kapasitas industri yang besar," terang Susi.

Untuk saat ini tercatat ada tiga KUD di tiga kecamatan yang bersama dengan BUMN bakal mengelola KJA Offshore Pangandaran. Ketiga kecamatan itu antara lain Kecamatan Parigi, Kecamatan Cijulang, dan Kecamatan Pangandaran.

"KJA ini kan hal yang baru, tentunya kita semua bahu-membahu bersama BUMN, koperasi, masyarakat, dan nelayan di sana," pungkas Susi.

Sekadar informasi, ada tiga lokasi yang disasar KKP untuk membuat KJA Offshore tersebut, yakni Pangandaran, Karimunjawa, dan Sabang. Adapun yang menjadi target budidaya melalui KJA Offshore itu adalah ikan kakap putih.

Sementara itu, total APBN yang digelontorkan untuk membeli tiga unit KJA Offshore guna diletakkan di Karimunjawa, Pangandaran, dan Sabang adalah sebesar Rp 131,451 miliar.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X