Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun 3 Keramba Jaring Apung "Offshore", KKP Siapkan Rp 131,4 Miliar

Kompas.com - 27/04/2018, 16:03 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong budidaya ikan kakap putih, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memutuskan membangun Keramba Jaring Apung (KJA) lepas pantai atau offshore di tiga wilayah.

Ketiga wilayah yang dipilih oleh KKP tersebut adalah Pangandaran, Karimunjawa, dan Sabang. Total dana yang dibutuhkan untuk membangun tiga KJA itu disebut hingga ratusan miliar rupiah.

"Total anggaran untuk pembelian tiga unit KJA lepas pantai di Karimunjawa, Pangandaran, dan Sabang adalah Rp 131,451 miliar," ucap Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Subjakto dalam jumpa pers di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Slamet menambahkan, ketiga KJA offshore tersebut dibangun dengan mengadopsi teknologi industri perikanan milik Norwegia.

Baca juga: Susi Targetkan Produksi 800 Ton Per Tahun Kakap Putih dari KJA Offshore Pangandaran

"Di dunia, Norwegia adalah the best untuk teknologi salmon nya. Kita belajar ke norwegia. KJA offshore di Kanada, Thailand, dan Vietnam pun banyak yang mengadopsi standar Norwegia," sambung Slamet.

Selama ini, Norwegia tercatat mampu membudidayakan ikan salmon hingga 12.000 ton tiap tahunnya berkat teknologi KJA offshore yang diterapkannya.

Sementara Indonesia saat ini masih belum memiliki teknologi dan peralatan canggih untuk pembangunan KJA offshore tersebut.

Oleh karenanya, menggandeng Norwegia dalam pembangunan KJA offshore di Pangandaran, Sabang, dan Karimunjawa menjadi solusi atas kekurangan tersebut.

Setiap keramba nantinya akan terdiri atas delapan lubang penampungan benih ikan dan masing-masing KJA offshore diprediksi bisa menampung hingga 1,2 juta ton benih ikan kakap putih.

"Pertama yang sudah dipelihara adalah di Kabupaten Pangandaran yang kemarin ditabur benihnya oleh Pak Presiden. Totalnya nanti kita tanam 1,2 juta ton dan kita harapkan dari delapan (lubang) KJA ini ada hasilnya kurang lebih 800 ton (per tahun)," sebut Susi.

Dengan begitu, maka dari tiga KJA offshore tersebut dapat dihasilkan 2.400 ton ikan kakap putih per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com