Kemendag Sebut Stok Barang dan Harga Bahan Pokok di Tarakan Aman

Kompas.com - 27/04/2018, 19:38 WIB
Bahan-bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati pada Selasa (26/12/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIBahan-bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati pada Selasa (26/12/2017).

TARAKAN, KOMPAS.com - Staf ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Dody Edward mengatakan stok barang dan harga bahan pokok di Kabupaten Tarakan, Kalimantan utara dalam kondisi stabil dan aman untuk menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018.

"Hasil pantauan di Pasar Ghuser dan Pasar Tenguyun menunjukkan secara umum harga barang pokok relatif stabil bahkan cenderung turun. Tingkat inflasi di Kalimantan Utara juga stabil," ujar Dody dalam keterangan pers yang diberikan kepada Kompas.com, Kamis (26/4/2018).

Berdasarkan hasil pemantauan periode 25 hingga 26 April 2018, harga bahan pokok di Pasar Ghuser dan Pasar Tenguyu Tarakan, Kalimantan Utara relatif stabil.

Tercatat harga di pasar tradisional untuk beras medium Rp 12.700/kg, gula pasir Rp 12.750/kg, minyak goreng curah Rp 11.000/liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 12.500/liter, tepung terigu Rp 10.000/kg, telur ayam ras Rp 27.000/kg, daging ayam broiler Rp 37.000/kg cabai merah keriting Rp 40.000/kg, bawang putih Rp 35.000/kg, dan bawang merah Rp 42.500/kg.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Sebelum Menteri Datang Mahal, Sesudah Datang Murah

Selanjutnya, Dody melakukan pemantauan ke ritel modern untuk memastikan pelaksanaan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras, minyak goreng kemasan sederhana, gula, dan daging beku. Stok beras medium masih relatif sedikit di lapangan. Untuk gula pasir harga HET sudah berlaku dan tertera pada keterangan harga yaitu sebesar Rp 12.500/kg.

Dalam kunjungan kerja ini, Dody juga meninjau ke gudang-gudang distributor untuk mengecek ketersediaan barang kebutuhan pokok di Tarakan. Dari hasil tinjauan ke beberapa gudang distributor seperti CV Wisnu Kencana Mandiri, CV Garindo, dan UD Nagamas dapat dipastikan stok barang kebutuhan pokok di Tarakan aman hingga tiga bulan ke depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X