Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I 2018, Laba HM Sampoerna Turun 7,9 Persen Jadi Rp 3 Triliun

Kompas.com - 27/04/2018, 20:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) melaporkan laba bersih sebesar Rp 3 triliun pada kuartal I 2018. Angka ini turun 7,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3,29 triliun.

Adapun laba kotor turun 5,3 persen dari kuartal I 2017 sebesar Rp 5,8 triliun menjadi Rp 5,4 triliun pada kuartal I 2018.

"Kuartal ini volume industri rokok Indonesia turun 2,3 persen, itu mencerminkan kondisi belanja konsumen yang menurun," ucap Presiden Direktur HMSP Mindaungas Trumpaitis dalam konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Adapun sepanjang kuartal I 2018, penjualan rokok Sampoerna mencapai 23 miliar batang rokok. Sementara itu, penjualan bersih perseroan tercatat sebesar Rp 23,13 triliun selama periode tersebut.

Baca juga: Sampoerna Pertahankan Segmen Sigaret Kretek Tangan

"Angka itu naik 2,5 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 22,5 triliun," kata  Trumpaitis.

Menurut dia, pangsa pasar Sampoerna naik dari 33 persen menjadi 33,2 persen. Kinerja tersebut didorong oleh kinerja yang kuat dari produk-produk unggulannya saat ini, seperti Marlboro Filter Black dan Dji Sam Soe, Magnum Mild.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com