Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Kemenhub Bangun Fasilitas Keselamatan Jalan di Pantura

Kompas.com - 29/04/2018, 09:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membangun sejumlah fasilitas pendukung keselamatan jalan di jalur mudik Pantai Utara Jawa (Pantura). Salah satu jalur yang dibangun berada di kawasan Cirebon.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, fasilitas yang dibangun antara lain berupa pemasangan delineator dan Alat Penerangan Jalan (APJ) berteknologi solar cell. Harapannya fasilitas tersebut bisa mengurangi potensi kecelakaan serta kriminalitas di jalur mudik itu.

Adapun fasilitas perlengkapan jalan di ruas jalan Kapetakan rencananya akan dipasang 68 titik Alat Penerangan Jalan (APJ) dan 200 buah delineator.

"Sesuai arahan Menteri Perhubungan kita harus maksimal dan optimal dalam pembangunan fasilitas keselamatan jalan, karena ini merupakan salah satu upaya kita untuk selalu memperhatikan dan memprioritaskan pembangunan yang dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (29/4/2018).

Baca juga: Ini Kata Kemenpan RB soal Tambah Hari Libur Lebaran

Dia menambahkan, pemasangan fasilitas keselamatam jalan termasuk persiapan menghadapi arus lebaran 2018, selain itu ini juga merupakan langkah kongkret Pemerintah yang hadir di tengah masyarakat dalam rangka mewujudkan zero accident.

Ke depan, melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat yang merupakan perpanjangan tangan dari Ditjen Hubdat juga akan melakukan pengadaan dan pemasangan Fasilitas Keselamatan Jalan di wilayah lain.

Wilayah itu yakni, di ruas jalan Indramayu (depan UPPKB losarang), Kanci - Pasar Gebang, Pasar Gebang -Losari, Karawang - Cikampek - Pamanukan, Jangga - Lohbener, Cileunyi - Nagrek - Malangbong, Kuningan - Ciamis, Cianjur - Sukabumi, serta rehabilitasi Terminal Penumpang Tipe A Harjamukti Cirebon.

Budi juga meminta masyarakat Kecamatan Kapetakan untuk bersama-sama menjaga dan memelihara aset pemerintah berupa fasilitas keselamatan jalan yang akan dan telah dibangun di sepanjang jalan ini. Bila terjadi perusakam atau pencurian fasilitas keselamatan itu, masyarakat bisa mepaporkan ke BPTD Wilayah IX Propinsi Jawa Barat agar segera ditindaklanjuti.

"Apabila ada kerusakan bahkan terjadi pencurian, masyarakat agar dapat melapor untuk segera dilakukan tindak lanjut. Terkait pencurian merupakan tindak kriminal dapat dilaporkan kepada pihak Kepolisian," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com