Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT, BUMN Ajak UMKM Binaan Pameran di Eks Pabrik Gula Colomadu

Kompas.com - 30/04/2018, 11:02 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), puluhan pelaku usaha mikro dan kecil dari berbagai kota di Indonesia diajak menjajakan produk-produk khas mereka di bekas Pabrik Gula Colomadu di Karanganyar, Sabtu (28/4/2018) hingga Minggu (29/4/2018).

Para pelaku usaha mikro dan kecil ini terdiri atas 20 peserta Pameran Kuliner serta sekitar 10 peserta Pameran Kerajinan.

Para mitra binaan tersebut membawa beragam produk khas antara lain produk jamur Bara Jamur, minuman herbal, camilan tradisional, madu, mie berbahan buah naga, hingga beragam minuman kopi.

Mereka juga menjajakan beragam kerajinan tangan mulai dari aksesoris logam, hiasan topeng kayu, kain batik, hingga sepatu.

Baca juga: Beredar Rekaman Menteri Rini dan Dirut PLN soal Bagi-bagi Saham, Ini Tanggapan Kementerian BUMN

Untuk pameran Kuliner, digelar di Stasiun Ketelan Pabrik Gula Colomadu, sementara Pameran Kerajinan digelar di Stasiun Gilingan Pabrik Gula Colomadu. Dalam kesempatan ini, hadir Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, jajaran direksi BUMN.

Dalam kegiatan ini BNI menyediakan layanan-layanan transaksi digital, mulai dari dengan kartu kredit, kartu debit, hingga uang elektronik. BNI juga menyediakan layanan aplikasi BNI yap! sebagai sarana pembayaran dengan dana dari 3 sumber sekaligus, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan UnikQu.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengatakan, dengan memanfaatkan BNI yap! pengunjung pameran dapat membeli beberapa produk dengan harga spesial. Sebagai contoh produk minuman dan es krim yang biasanya dijual seharga Rp 20.000 dapat dibeli dengan menggunakan BNI yap! seharga Rp 1.946.

Pada kesempatan ini BUMN - BUMN yang mengajak mitra binaannya adalah BNI, Angkasa Pura II, Pertamina, Pelni, Pupuk Indonesia Holding Company, Jasa Marga, PTPN 9, Wijaya Karya, Taspen, Pegadaian, Kereta Api, Askrindo, Bank BRI, Mandiri, BTN, PLN, Bukit Asam, Telkom Indonesia, dan Hutama Karya.

Sebagai informasi, HUT BUMN ini juga dimeriahkan oleh peragaan busana dengan tema A Night Fashion Show In The Museum, Kartini Millennials Inspiring Runway pada Sabtu, 28 April 2018 malam.

Uniknya, peragaan busana kali ini tidak hanya diisi oleh peragawan dan peragawati profesional, melainkan juga jajaran direksi BUMN dan pejabat teras Kementerian BUMN RI perempuan. Salah satunya adalah Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com