Saudi Aramco Tunjuk Perempuan Pertama dalam Jajaran Direksi

Kompas.com - 30/04/2018, 13:07 WIB
Kilang minyak milik Aramco arabianbusiness.comKilang minyak milik Aramco

DUBAI, KOMPAS.com - Saudi Aramco menunjuk jajaran direksi baru mereka, termasuk satu orang perempuan pada Minggu (29/4/2018) waktu setempat.

Lynn Laverty Elsenhas menjadi satu-satunya perempuan dalam jajaran direksi di salah satu perusahaan minyak Arab Saudi itu.

Penunjukan Elsenhans tersebut menjadi sebuah terobosan baru bagi industri perminyakan di Arab Saudi, di mana perempuan yang menjadi eksekutif masih sangat sedikit.

Sebelumnya, Elsenhans adalah CEO  perusahaan minyak Amerika Serikat, Sunoco Inc pada tahun 2008 hingga 2012.

Baca juga: Saudi Aramco Bakal Tetap Melantai di Bursa Tahun Ini

Elsenhans pernah dinobatkan sebagai World's Most Powerful Women di tahun 2008.

Sebelum dirinya menjabat di Sunoco, Elsenhans adalah executive vice president of global manufacturing untuk Royal Dutch Sell (RDSa.L), tempatnya bekerja dan membangun karir selama 28 tahun.

Dia juga menduduki jabatan dewan direksi Baker Hughes selama lima tahun, dari 2012 hingga 2017.

Sebagai informasi, jumlah perempuan yang menduduki jabatan-jabatan penting dalam perusahaan di Arab Saudi bisa dihitung dengan jari. 

Tahun lalu, Saudi Stock Exchange menunjuk Sarah Al Suhaimi, sebagai CEO perempuan pertamanya.


Pada tahun 2004 lalu, Lubna Olayan menjadi perempuan pertama yang terpilih dalam jajaran direksi Saudi Hollandi Bank, atau yang sekarang disebut Alawwar Bank.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.