Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama dengan Malaysia dan Thailand, Jalur Laut Jadi Fokus Jokowi

Kompas.com - 30/04/2018, 14:25 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menaruh perhatian lebih pada konektivitas melalui jalur laut dari Dumai (Provinsi Riau) ke Melaka (Malaysia) dalam rangka kerja sama sub-regional antara Indonesia-Malaysia-Thailand.

Hal itu jadi satu dari beberapa fokus yang disampaikan Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Singapura.

"Dimulai dengan pembangunan infrastruktur melalui Physical Connectivity Projects (PCP) yang dapat memperlancar arus barang, jasa, dan penumpang. Secara khusus, Presiden menyebutkan perlunya menjaga keberlangsungan konektivitas laut di wilayah IMT-GT, salah satunya rute Ro-Ro Dumai-Melaka," demikian penggalan keterangan tertulis dari laman Kementerian Keuangan, kemenkeu.go.id, Senin (30/4/2018).

Ro-Ro merupakan istilah dari kapal Roll on Roll yang pelaksanaannya sudah dirampungkan oleh Pemerintah Kota Dumai pada akhir Maret 2018.

Baca juga: 3 Tahun Jokowi-JK, Tol Laut Ada di 13 Trayek

Pihak Pemkot Dumai turut memastikan regulasi antarnegara dalam pelaksanaan Ro-Ro Dumai-Melaka sudah dipenuhi dan kapal dapat beroperasi dengan lancar.

Selain mengandalkan jalur laut, Jokowi juga menekankan pentingnya meningkatkan sejumlah kerja sama di bidang agro-industri. Industri agro jadi pilihan karena ketiga negara ini memiliki komoditas andalan yang sama, yakni kelapa sawit serta karet.

Selain itu, sektor pariwisata juga perlu didorong di ketiga negara secara bersamaan, hingga pengembangan ekonomi digital untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Hal lain yang tak kalah penting yaitu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk menciptakan tenaga kerja terampil, kompetitif, dan mampu berkontribusi positif bagi kerja sama IMT-GT.

Kerja sama IMT-GT diinisiasi sejak 1991 sebagai bentuk kerja sama sub-regional untuk peningkatan ekonomi kawasan di ketiga negara, meliputi kawasan Sumatera (Indonesia), semenanjung Malaya (Malaysia), serta sebagian wilayah selatan Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com