Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibadah Umrah dengan Duit Hasil Utang, Bolehkah?

Kompas.com - 30/04/2018, 22:51 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Minat masyarakat Indonesia untuk menjalankan ibadah umrah sangat besar. Bank dan lembaga pembiayaan pun menangkap peluang ini dengan menawarkan pinjaman umroh.

Pada tahun 2014 sekitar 750.000 umat Islam Indonesia pergi ke tanah suci Makkah untuk umrah. Jumlah ini tentu semakin besar saat ini. Mengingat minat berumrah masih tinggi sejalan dengan antrian ibadah Haji semakin lama dan panjang.

Masyarakat ingin cepat merasakan beribadah di depan Kabah di masjidil haram dengan menjalankan ibadah umroh lebih dahulu, kemudian menunggu ibadah haji yang wajib dijalankan umat Islam yang tergolong mampu secara ekonomi.

Bank-bank syariah pun memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan pinjaman umroh. Sebut saja Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, Bank Permata Syariah, dan sederat bank syariah lainnya.

Tak cuma itu, perusahaan pembiayaan ikut mencicipi bisnis gurih ini. Sebut saja yang kini gencar menawarkan pembiayaan umrah, yakni BFI Syariah, bagian dari PT. BFI Finance International Tbk.

Berikut ini tiga hal penting seputar umrah dengan dana utang, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan, termasuk pinjaman umrah, HaloMoney.co.id

1. Bolehkah berutang untuk umrah?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bolehkah mengambil utang untuk ibadah umroh? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh masyarakat. Mungkin termasuk Anda.

Meminjam atau berutang untuk pergi umroh memang bukan pilihan yang dianjurkan jika Anda tidak memiliki penghasilan tetap dan jelas. Sebab ibadah umroh tersebut sebenarnya bukan ibadah yang wajib. Sementara setelah Anda berutang, akan memunculkan kondisi yang wajib Anda penuhi, yakni membayar hutang.

Lain halnya jika Anda memiliki kemampuan, antara lain ditandai dengan memiliki penghasilan yang jelas dan tetap. Mengambil pinjaman umrah dari lembaga keuangan yang menawarkan tidak dilarang.

Begitulah kesimpulan dari riset HaloMoney.co.id dari berbagai situs online, salah satunya situs nu.or.id, situs yang dikelola oleh warga Nahdhatul Ulama.

2. Bandingkan dan pilih tenor singkat

Anda dapat mengambil pinjaman umrah dari lembaga keuangan yang Anda percayai. Jangan lupa membandingkan ketentuan dan imbal hasil dari lembaga keuangan yang memberikan pinjaman. Pilihlah pinjaman umrah yang paling murah.

Perbandingan biaya umrah bisa Anda lakukan di situs marketplace umrah. Sebut saja, syariah.bfi.co.id atau ikhram. Di situs tersebut Anda bisa memilih paket umrah paling sesuai dengan minat dan keuangan Anda.

Selain itu, saat mengambil pinjaman umrah, sebaiknya Anda memilih tenor pinjaman yang paling singkat, yakni 6 atau 12 bulan. Semakin cepat Anda melunasi utang tersebut, akan semakin baik bagi kesehatan keuanganmu.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com