Kemenkeu Kembali Tunjuk JP Morgan Chase Bank sebagai Dealer Utama SUN

Kompas.com - 01/05/2018, 15:53 WIB
JP Morgan news.com.auJP Morgan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) kembali menunjuk JP Morgan Chase Bank N.A. sebagai dealer utama Surat Utang Negara (SUN). Penunjukkan ini akan efektif berlaku per hari Rabu (2/5/2018) esok.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan sempat memutus kontrak JP Morgan sebagai diler SUN lantaran bank investasi tersebut pernah menerbitkan riset yang memangkas peringkat Indonesia dari Overweight ke Underweight pada akhir 2016.

Saat itu, pemerintah menilai riset JP Morgan tersebut berpotensi menciptakan gangguan stabilitas perekonomian nasional.

Baca: Apa Riset JP Morgan Chase yang Bikin Kemenkeu Putuskan Hubungan?

"Menteri Keuangan telah menunjuk kembali JP Morgan Chase Bank N.A. sebagai Dealer Utama SUN sesuai surat penunjukkan Nomor S-45/MK.8/2018 tanggal 17 April 2018 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan," demikian keterangan tertulis dari laman resmi DJPPR, djppr.kemenkeu.go.id.

Melalui keputusan tersebut, jumlah Dealer Utama jadi 20 institusi yang terdiri dari 16 bank dan empat perusahaan sekuritas. Bank yang dimaksud adalah Citibank N.A., Deutsche Bank AG, HSBC, PT Bank ANZ Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Kemudian PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, Standard Chartered Bank, dan JP Morgan Chase Bank N.A. yang baru saja ditunjuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk empat perusahaan sekuritasnya yaitu PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X