Facebook Masuki Bisnis Kencan Online, Saham Induk Tinder Anjlok 22 Persen

Kompas.com - 02/05/2018, 08:28 WIB
Ilustrasi Tinder IstIlustrasi Tinder

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham Match Group, perusahaan induk yang menanungi Tinder, OkCupid dan Match.com anjlok 22 persen setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan akan segera meluncurkan layanan kencan saat memberikan pidato pada pertemuan tahunan developer Facebook, F8, Selasa (1/5/2018) waktu setempat.

"Layanan baru Facebook ini, nantinya ditujukan untuk pengguna Facebook yang ingin membangun hubungan serius dalam jangka waktu yang lama, ujar Zuckerberg," dikutip melalui BusinessInsider.

CEO Match Group Mandy Gisberg segera merespon selang beberapa jam dari pengumuman Zuckerberg.

"Kami cukup terkejut, mengingat banyaknya data personal dan sensitif yang ada dalam wilayah ini (layanan kencan online)," ujarnya.

"Kami memahami wilayah ini jauh lebih baik dari siapapun, masuknya facebook hanya akan memberi angin segar yang baru," tambahnya.

Tentu, investor lebih terkejut dibandingkan dengan Match Group. Namun analis Wall Street mengatakan masuknya Facebook dalam dunia kencan online tidak akan merusak kondisi pasar saham.

"Kami percaya Facebook dapat membuat layanan kencan online yag baik, terlihat dari grafik sosialnya yang tidak tertandingi dan Facebook terbukti dapat mengelola fitur-fitur baru dengan baik," ujar analis Samp Kemp Piper Jaffray.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meskipun, kami percaya akan sangat sulit bagi Facebook untuk mengajak penggunanya bergabung dalam layanan ini, karena sebelumnya Facebook belum pernah memberikan layanan kencan online," tambahnya.

Sebagai informasi, bukan pertama kalinya perusahaan teknologi besar menggerus pertumbuhan perusahaan serupa melali inovasi yang mereka lakukkkan. Sebelumnya Amazon, dengan beragam inovasi dan ekspansi bisnisnya telah membuat pusing beberapa pesaingnya seperti UPS, Kroger, and Walgreens.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.