Jonan Umumkan Pemenang Lelang 4 Blok Migas, Total Nilai Komitmen 44,65 Juta Dollar AS

Kompas.com - 02/05/2018, 18:07 WIB
Ilustrasi minyak dan gas (migas) Thinkstock/iStockIlustrasi minyak dan gas (migas)


JAKARTA, KOMPAS.com
—Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengumumkan empat pemenang lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas (migas) 2018, dari lima WK yang semula ditawarkan.

Nilai komitmen dari lelang ini 44,65 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 625 miliar menggunakan kurs saat ini. Adapun total bonus tanda tangan dari lelang ini mencapai 3,25 juta dollar AS, setara sekitar Rp 45,5 miliar.

Sampai dengan batas akhir penyampaian pada 4 April 2018, ada lima Dokumen Partisipasi yang masuk untuk empat WK. Keempat WK itu adalah WK Citarum, East Ganal, East Seram, dan Southeast Jambi. 

"Kami baru selesaikan lelang migas Blok Citarum, (dengan pemenangnya) Konsorsium PT Cogen Nusantara Energi dan PT Green World Nusantara," ujar Jonan di acara Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-42 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/5/2018).

Baca juga: Per Maret 2018, Masuk Investasi Migas Rp 33 T

Lalu, lanjut Jonan, pemenang untuk lelang WK East Ganal adalah ENI Indonesia Ltd. Adapun lelang untuk WK East Seram dimenangi Lion Energy Limited sementara lelang untuk WK SouthEast Jambi dimenangkan oleh Konsorsium Talisman West Bengara BV dan MOECO South Sumatra Co Ltd.

Satu lelang WK migas belum mendapatkan keputusan pemenang, yaitu WK East Papua. WK ini akan kembali ditawarkan pada lelang berikutnya.

Jonan menambahkan, semua kontrak lelang yang baru diputuskan ini akan menggunakan skema gross split.

"Untuk WK yang masih ada kontrak tetap kami hormati dan tetap dilakukan sesuai perjanjian kecuali kalau jatuh tempo perpanjangannya kita ubah," lanjut Jonan.

Sebagai informasi, saat ini masih berlangsung juga lelang reguler untuk menawarkan 19 WK konvensional lain. Batas waktu penawaran adalah 19 Juni 2018.

Sebelumnya, Jonan juga telah menyetujui atas tujuh dari delapan WK yang berakhir kontrak kerja samanya pada 2018 untuk dikelola Pertamina. Persetujuan itu ditetapkan lewat Keputusan Menteri ESDM yang ditandatangani pada 13 April 2018.

Sementara itu, hasil lelang WK Migas pada 2017 juga telah mendapatkan pemenang untuk 5 WK. Dari jumlah itu, dua di antaranya sudah melakukan penandatanganan kontrak pada 5 April 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.