Lelang Koleksi Pejabat Raup Rp 236,4 Juta, Dipakai untuk Perbaikan Sekolah

Kompas.com - 02/05/2018, 19:39 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyerahkan hasil lelang pejabat negara di gedung Jusuf Anwar, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018) malam. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyerahkan hasil lelang pejabat negara di gedung Jusuf Anwar, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018) malam.


JAKARTA, KOMPAS.comLelang sejumlah koleksi barang milik para pejabat pada Februari 2018 mendapatkan hasil Rp 236,4 juta. Dana yang terkumpul diserahkan ke yayasan sosial untuk perbaikan sekolah.

"Saya menyerahkan hasil lelang sukarela ini sebesar Rp 236,4 juta kepada Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat atau Yappika ActionAid untuk pembangunan dua ruang belajar di SDN Cipinang 3 Bogor kelas jauh," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di Gedung Jusuf Anwar, kompleks Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (2/5/2018) malam.

Lelang tersebut digelar oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dalam rangka peringatan 110 tahun Lelang Indonesia. Selain Sri Mulyani, pejabat yang ikut menyumbang koleksi untuk dilelang antara lain adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan sejumlah menteri.

Baca juga: Iriana Jokowi dan Budi Gunawan Ikut Jual Koleksi Pribadi Lewat Lelang

Hadir pada malam pengumuman dan penyerahan simbolis hasil lelang ini antara lain perwakilan dari SDN Cipinang 3, Yappika, dan jajaran Kementerian Keuangan.

Perwakilan dari SDN Cipinang 3 juga sempat menampilkan tayangan mengenai kondisi sekolah mereka yang jauh dari layak. Dalam kegiatan belajar mengajar, para murid pun hanya duduk di tikar tanpa meja dan kursi seperti laiknya sekolah pada umumnya.

Sri Mulyani pun mengajak masyarakat ikut melakukan lelang semacam ini sebagai sarana kegiatan sosial. Fungsi lelang, imbuh dia, tidak lagi sekadar menghimpun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tapi juga dapat menjadi sarana penegakan hukum hingga penurunan rasio kredit bermasalah.

Baca juga: Turunkan Kredit Bermasalah, BTN Luncurkan Situs Lelang Rumah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.