Menhub Resmikan Balai Uji Emisi Berstandar Euro 4 di Bekasi

Kompas.com - 03/05/2018, 15:46 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Utama Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Utama Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com
—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (3/5/2018), meresmikan fasilitas uji emisi sepeda motor dan fasilitas uji emisi mobil penumpang Euro 4 berstandar internasional di Bekasi, Jawa Barat.

Nama fasilitas itu Gedung Utama Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Harapannya teknologi yang ada di fasilitas ini juga dapat ikut mendorong industri otomotif di Indonesia.

"Kalau kita menjadi eksportir maka kualifikasi kendaraan yang diekspor kan punya kualifikasi, mungkin bukan hanya Euro 4 tapi Euro 6. Oleh karenanya kita akan menyesuaikan kecepatan dan kualifikasi itu," kata Budi di lokasi peresmian.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, balai ini akan digunakan untuk mengecek seluruh jenis kendaraan bermotor sebelum dipasarkan ke konsumen.

"Jadi semua APM—agen pemegang merek kendaraan bermotor—yang mengeluarkan produk baru, tipe baru, diuji di sini. Kalau dinyatakan lulus semuanya baru produksi yang besar, bisa untuk ekspor, bisa untuk dalam negeri," kata Budi Setyadi.

Selain pengujian emisi, balai ini juga bisa melakukan pengujian konstruksi kendaraan, dimensi, lampu utama, kincup roda depan, radius putar, berat kosong kendaraan, rem utama serat rem parkir, spedometer, dan pengujian bunyi klakson.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X