Askrindo Jamin Asuransi Alutsista

Kompas.com - 03/05/2018, 22:00 WIB
Direktur Utama Askrindo Asmawi SyamTRIBUNNEWS.com Direktur Utama Askrindo Asmawi Syam

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung perkembangan industri pertahanan dalam negeri, PT Askrindo (Persero) menjalin kerja sama bisnis asuransi alutsista dengan Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional atau Pinhantanas.

Direktur Utama Askrindo Asmawi Syam mneyatakan, perjanjian kerja sama yang ditandatangani di depan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tersebut bukan hanya sekadar melihat potensi bisnis semata.

Lebih dari itu, Asmawi melihat sebagai sarana untuk membantu industri pertahanan dalam negeri.

"Kerja sama ini juga turut membangun kemandirian industri pertahanan dalam negeri khususnya swasta agar dapat membangun kekuatan pertahanan dan keamanan nasional yang tangguh," ucap Asmawi dalam keterangan tertulis, Kamis (3/5/2018).

Baca juga: Askrindo Bidik Premi Rp 8 Miliar dari Djakarta Llyod

Bidang pertahanan dan keamanan telah salah satu perhatian pemerintah yang utama.

Hal tersebut tercermin dari besarnya alokasi dana APBN yang dianggarkan untuk keperluan perawatan, pengadaan, dan pembangunan alutsista, yakni sebesar Rp 105 triliun atau 12,47 persen dari APBN 2018.

“Kami memandang bahwa proses perawatan, pengadaan, dan pembangunan alutsista mengandung risiko yang dapat diminimalkan melalui jasa asuransi sehingga tugas yang digariskan oleh pemerintah dapat terselesaikan dengan tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran,” jelas Asmawi.

Dalam kerjasama tersebut, Askrindo akan menjamin  Asuransi Kredit, Asuransi Kerugian, Suretybond (Jaminan Penawaran, Jaminan Pelaksanaan, Jaminan Uang Muka, Jaminan Pemeliharaan); Kontra Bank Garansi (Jaminan Penawaran, Jaminan Pelaksanaan, Jaminan Uang Muka, Jaminan Pemeliharaan); Custom Bonds; Kontra L/C; dan SKBDN.

“Potensi bisnis dengan Pinhantanas relatif besar dan kami optimis  bisa berperan dalam proyek-proyek Pinhantanas yang pada tahun 2018 berjumlah sebesar Rp 25 Triliun," sambung Asmawi.

Dari kerja sama ini, Asmawi berharap Askrindo ke depannya akan semakin berkembang dan dapat mendukung program pemerintah tidak hanya di bidang perekonomian, tetapi di bidang lainnya seperti pertahanan.

Selama ini PT Askrindo telah memiliki pengalaman di dalam menjamin proyek-proyek alutsista, baik yang dikerjakan oleh Perusahaan BUMN, seperti PT PAL, PT Pindad, dan PT Dirgantara Indonesia maupun perusahaan swasta nasional, seperti anggota Pinhantanas.




Close Ads X