Berita Populer Ekonomi: Ketentuan Bahasa untuk TKA dan Bisnis Kartu Prabayar

Kompas.com - 04/05/2018, 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah melonggarkan ketentuan mengenai tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Kementerian Tenaga Kerja bersiap melakukan penyesuaian. Salah satunya adalah mengenai bahasa.

Berita terkait dengan TKA menjadi salah satu yang populer di desk Ekonomi pada Kamis (4/5/2018). Sementara itu berita lainnya mengenai prospek bisnis kartu prabayar pasca-kewajiban registrasi.

Berikut berita-berita terpopuler sepanjang hari kemarin:

1. Kemenaker Akan Atur Ulang soal Syarat Berbahasa Indonesia Bagi TKA

Kementerian Tenaga Kerja menganggap Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja menjadi landasan kementerian merumuskan peraturan turunannya. Salah satu poin yang akan diatur yakni soal kewajiban TKA untuk berbahasa Indonesia. Dalam Perpres Nomor 20/2018, disebutkan bahwa pemberi kerja wajib memfasilitasi TKA untuk berbahasa Indonesia.

2. Kewajiban Registrasi Kartu SIM Prabayar Berdampak Pada Pembelian Kartu Perdana?

Aturan baru soal penggunaan kartu SIM mengharuskan pengguna meregistrasi kartunya dengan Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga. Jika tidak, maka nomornya akan terblokir. Aturan tersebut disinyalir akan berdampak pada pengguna yang hobi bergonta ganti kartu SIM untuk kepentingan tertentu.

3. PT Inka Siap Buat Kereta Tingkat Berkecepatan 160 Km per Jam, tetapi...

Tak hanya kereta sleeper, PT Kereta Api Indonesia ( KAI) disebut juga meminta PT Industri Kereta Api ( Inka) membuatkan kereta double decker alias kereta bertingkat. "Sebetulnya desain (yang diminta) kombinasi antara midle speed 160 km dan kereta double decker. Tetapi hal itu tergantung ruang bebasnya. Kalau ruang bebasnya bisa maka bisa. Kalau tidak maka bisa kena," ujar Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro kepada Kompas.com, Kamis ( 3/5/2018).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.