Jelang Lebaran, Pinjaman Karyawan Diprediksi Naik Hingga 30 Persen

Kompas.com - 04/05/2018, 09:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO dan Co-founder KoinWorks, Benedicto Haryono memprediksi permintaan karyawan untuk meminjam uang melalui aplikasinya menjelang Hari Raya Idul Fitri akan bertambah hingga 30 persen.

KoinWorks terintegrasi dengan platform Gadjian untuk menyalurkan pinjaman kepada karyawan yang membutuhkan pinjaman tanpa menggunakan dana perusahaan.

"Jelang lebaran kemungkinan ada kenaikan 20-30 persen, kenaikan pinjaman," ujar Benedicto di Gedung Buna Sentra, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Angka tersebut akan menurun setelah Lebaran usai. Angka pinjaman karyawan diperkirakan akan kembali naik pada peak season jelang akhir tahun, sekitar bulan Oktober dan November.

Aplikasi bekerjasama dengan Gadjian itu sengaja diluncurkan menjelang puasa karena adanya perkiraan kebutuhan pinjaman karyawan untuk hari raya.

Lebaran merupakan momen di mana kebutuhan keuangan jangka pendek masyarakat Indonesia cenderung meningkat, seperti untuk pulang kampung atau berlibur.

Dengan adanya layanan ini, kata Benedicto, maka karyawan tak perlu lagi pusing mencari biaya tambahan untuk libur panjang.

"Pinjaman karyawan salah satu tool supaya mereka lebih fokus ke pekerjaan dan produktif," kata Benedicto.

KoinWorks sudah sejak Februari 2018 memberi pinjaman pada karyawan, namun baru belakangan ini berkolaborasi dengan Gadjian.

Hingga April 2018, ada 50.000 pendana yang bermitra dengan KoinWorks. Dana dari mitra tersebut akan disalurkan ke karyawan melalui KoinWorks. Sementara Gadjian berhubungan langsung dengan Human Resource Development perusahaan mitra untuk sistem approval pengajuan pinjaman.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.