Siap-siap, Kemenkeu Buka Pendaftaran 4.000 Beasiswa LPDP 2018...

Kompas.com - 04/05/2018, 14:32 WIB
Beasiswa. ThinkstockBeasiswa.


JAKARTA, KOMPAS.com
—Kementerian Keuangan membuka pendaftaran program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) untuk 2018. Tersedia kuota 4.000 peluang beasiswa bagi program magister (S2) dan doktoral (S3).

"(Jumlah) 4.000 beasiswa itu terbagi dalam enam jenis beasiswa, yaitu beasiswa reguler, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa afirmasi, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan program co-funding," demikian penggalan keterangan tertulis di laman resmi Kementerian Keuangan, yang dikutip Kompas.com pada Jumat (4/5/2018).

Baca juga: Kelola Dana Rp 31 Triliun, LPDP Perbaiki Proses Seleksi Penerima Beasiswa

Beasiswa afirmasi terdiri dari beasiswa daerah tertinggal; beasiswa alumni bidikmisi berprestasi; beasiswa individu berprestasi dari keluarga miskin atau prasejahtera; beasiswa prestasi olahraga, seni, kebudayaan, dan keagamaan; beasiswa penyandang disabilitas; beasiswa PNS/TNI/Polri; beasiswa santri; serta beasiswa prestasi olimpiade bidang sains, teknologi, dan keterampilan atau talent scouting.

LPDP membuka pendaftaran untuk calon peserta program dalam negeri mulai Senin (7/5/2018). Adapun untuk calon peserta program luar negeri, pendaftaran mulai dibuka pada 2 Juli 2018.

LPDP juga membagi tahapan seleksi beasiswa yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni untuk kategori beasiswa reguler dan beasiswa lainnya.

Untuk kategori beasiswa reguler, tahapannya dimulai dari pendaftaran lewat website LPDP, dilanjutkan dengan seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, dan seleksi substansi.

Baca juga: Tak Ada Biaya Kuliah? Berburu Beasiswa Pemerintah Saja!

Adapun untuk beasiswa lainnya—yaitu beasiswa PNS/TNI/Polri; beasiswa santri; dan beasiswa prestasi olimpiade bidang sains, teknologi, dan keterampilan—dimulai dengan pendaftaran, seleksi atau pengusulan oleh kementerian/lembaga/pemda, pendaftaran pada website LPDP, seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, serta seleksi substansi.

"Untuk tahapan informasi selanjutnya, dapat klik link www.lpdp.kemenkeu.go.id/pembukaan-beasiswa-lpdp-tahun-2018/," sebut Kemenkeu.

Simak juga: VIK Berburu Beasiswa untuk mendapatkan sejumlah tips dan informasi terkait beasiswa di dalam dan di luar negeri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X