Adhi Karya Optimis Bisa Kembangkan 12 TOD dalam 11 Tahun Ke Depan - Kompas.com

Adhi Karya Optimis Bisa Kembangkan 12 TOD dalam 11 Tahun Ke Depan

Kompas.com - 05/05/2018, 20:01 WIB
Suasana tempat produksi U-Shaped Girder Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (29/4/2018). KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Suasana tempat produksi U-Shaped Girder Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (29/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk bakal mengembangkan 18 transit oriented development atau TOD.

Pengembangan TOD tersebut adalah kelanjutan bisnis dari pembangunan jalur light rail transit ( LRT) Jabodebek yang kini tengah dikerjakan oleh Adhi Karya.

Dari 18 TOD yang ditargetkan, sebanyak 12 di antaranya akan dikuasai penuh oleh Adhi Karya untuk dikembangkan dalam waktu 11 tahun ke depan.

"Nilai kapitalisasi untuk pengembangan 12 TOD itu mencapai Rp 55 triliun," ucap Direktur Keuangan dan Legal Adhi Karya Enthus Asnawi, di Kantor Pusat Adhi Karya, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Untuk tahun ini, sebanyak empat TOD bakal dikembangkan oleh Adhi Karya terlebih dahulu. Keempat TOD itu berlokasi di Bekasi Timur, Sentul, Ciracas, dan Jaticempaka.

Adapun nilai aset awal untuk lahan keempat TOD dengan luas 20-25 hektar tersebut adalah Rp 1,9 triliun dengan buku Desember 2017. Maka dari itu, sebagian belanja modal Adhi Karya digunakan untuk perolehan aset lahan TOD itu.

"Angka Rp 1,9 triliun ini bukan dalam bentuk modal kerja, melainkan dalam bentuk tanah persediaan menjadi aset untuk pengembangan TOD," imbuh Enthus.


Pengembangan TOD itu bakal dipegang oleh perusahaan hasil spin off Adhi Karya, yakni PT Adhi Commuter Property (ACP). Sedangkan untuk pembangunannya bakal dilaksanakan anak usaha Adhi Karya lainnya, yakni Adhi Persada Gedung (APG).

"Ada banyak skema untuk kerja sama baik dengan anak usaha atau induk untuk pengembangan TOD ini," tandas Enthus.

Komentar
Close Ads X