KILAS EKONOMI

Wajib Tanam Importir Bawang Putih Dilanjutkan

Kompas.com - 06/05/2018, 09:04 WIB
Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, menegaskan kebijakan wajib tanam bagi importir tetap berlanjut. Dok. Humas KementanDirektur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, menegaskan kebijakan wajib tanam bagi importir tetap berlanjut.

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan aturan wajib tanam bawang putih bukan penyebab naiknya harga bawang putih.

Oleh karenanya, kebijakan wajib tanam bagi importir tetap berlanjut.

“Kewajiban tanam bagi importir bawang putih tidak sesulit seperti opini yang berkembang selama ini. Asalkan importir mau terjun langsung dan bermitra dengan kelompok tani binaan Dinas Pertanian,” kata Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, Sabtu (5/5/2018).

Faktanya, beberapa importir sukses menanam dengan areal luas seperti yang terjadi di Banyuwangi, Temanggung, dan Lombok Timur.

(Baca: Kejar Target Swasembada Bawang Putih Importir Diminta Ikut Menanam)

Kementan bersama Dinas Pertanian juga memfasilitasi importir guna merealisasikan kewajiban tanam tersebut.

“Kami bersama-sama dengan Dinas Pertanian siap memfasilitasi para importir yang beritikad baik dan konsisten ingin merealisasikan kewajiban tanamnya,” ujarnya.

Menindaklanjuti hasil Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi IV DPR-RI pekan lalu, Kementan pun menggelar pertemuan nasional di Semarang pada 2 hingga 4 Mei 2018.

Pertemuan itu dihadiri 70 importir yang telah mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) 2017 dan RIPH 2018.

Ilustrasi bawang putihKOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Ilustrasi bawang putih

Acara juga diikuti Dinas Pertanian se-Indonesia dan beberapa tokoh petani bawang putih dari Tegal dan Karanganyar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X