Saratoga Investama Tambah Saham di Merdeka Copper

Kompas.com - 07/05/2018, 09:38 WIB
Ilustrasi uang psphotographIlustrasi uang

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk menambah porsi kepemilikan saham atas PT Merdeka Copper Gold Tbk. Kepemilikan sahamnya yang semula 4,66 persen, kini menjadi 6,34 persen.

Laporan manajemen Saratoga kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 3 Mei 2018 menyebutkan, transaksi pembelian saham terjadi dalam empat tahap sejak tahun lalu. Tahap terakhir pada 2 Mei 2018.

Total pembelian saham mereka mencapai 60.278.340 saham dengan harga beli Rp 2.400,72 per saham. Jadi kalau dihitung, nilai pembelian saham sekitar Rp 144,71 miliar.

Tujuan Saratoga menambah kepemilikan saham adalah untuk investasi.

Baca juga: Sandiaga Uno Tak Lagi Urus Manajemen Saratoga

"Selain kepemilikan langsung, perseroan  ini juga memiliki saham PT Merdeka Copper Gold Tbk secara tidak langsung melalui PT Trimitra Karya Jaya dan Merdeka Mining Partners Pte. Ltd.," tulis Sandi Rahaju, Kepala Divisi Hukum dan Sekretariat Perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (6/5/2018).

Asal tahu, dari Januari-Maret 2018 Saratoga mencatatkan kerugian bersih atas investasi pada efek ekuitas sebesar Rp 623,29 miliar. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, perusahaan berkode saham SRTG di BEI itu masih mengantongi keuntungan bersih atas investasi pada efek ekuitas Rp 818,81 miliar.

Tak ayal sepanjang kuartal I 2018, Saratoga menanggung rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau rugi bersih sebesar Rp 1,03 triliun. Sementara, per kuartal I tahun lalu mereka mencicipi laba bersih Rp 873,86 miliar. (Anastasia Lilin Y)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Saratoga menambah porsi saham di Merdeka Copper


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.