Sumber Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2018 dari Industri Pengolahan

Kompas.com - 07/05/2018, 13:22 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto bersama jajarannya saat menyampaikan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018 melalui konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAKepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto bersama jajarannya saat menyampaikan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018 melalui konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) mencatat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018 sebesar 5,06 persen paling banyak disumbang oleh industri pengolahan, dengan kontribusi 0,97 persen.

Selain industri pengolahan, juga didorong oleh sektor usaha konstruksi, perdagangan, informasi dan komunikasi, serta jasa lainnya.

"Industri pengolahan meningkat jadi 4,5 persen per kuartal I 2018, tumbuh dibanding tahun lalu sebesar 4,28 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto melalui konferensi pers di kantornya, Senin (7/5/2018).

Dari struktur PDB, industri pengolahan memang memiliki share paling besar yaitu 20,27 persen. Disusul dengan share dari pertanian 13,26 persen yang tumbuh 3,14 persen dan share dari perdagangan 13,12 persen yang tumbuh 4,96 persen.

Suhariyanto menjelaskan, faktor yang membuat peningkatan pada industri pengolahan di antaranya industri mesin dan perlengkapan yang tumbuh signifikan dibanding kinerja bisnis mesin konstruksi dan pertambangan dan peningkatan pada industri makanan dan minuman yang didorong oleh tumbuhnya produksi crude palm oil (CPO).

"Juga dari industri tekstil dan pakaian jadi, didukung peningkatan produksi jelang Hari Raya Idul Fitri dan peningkatan permintaan domestik dan internasional dari industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki," tutur Suhariyanto.

Untuk usaha konstruksi, menyumbang 0,72 persen dalam pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018; lalu 0,66 persen dari usaha perdagangan; 0,44 persen dari informasi dan komunikasi; serta 2,27 persen dari jenis usaha lainnya. Adapun dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dari tahun ke tahun dicapai oleh lapangan usaha informasi dan komunikasi sebesar 8,69 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X