Respon Data Pertumbuhan Ekonomi, Rupiah Diprediksi Stabil

Kompas.com - 07/05/2018, 15:37 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah data pertumbuhan ekonomi Indonesia periode kuartal I 2018 dirilis, rupiah pukul 12.28 WIB tercatat melemah 0,22 persen menjadi Rp 13.975 per dollar Amerika Serikat (AS) di pasar spot, Senin (7/5/2018).

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2018 sebesar 5,06 persen secara year on year (yoy). Angka ini lebih tinggi dari kuartal I 2017 yang sebesar 5,01 persen.

Mengutip Kontan.co.id, data pertumbuhan ekonomitersebut lebih rendah dari proyeksi Bank Indonesia dan proyeksi pemerintah yang masing-masing sebesar 5,1 persen dan 5,2 persen yoy.

Menanggapi hasil tersebut, Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail memproyeksikan melesetnya proyeksi pertumbuhan ekonomi kali ini tidak akan membuat rupiah jatuh terlalu dalam atau tembus Rp 14.000 per dollar AS di hari ini.

"Pasar masih melihat positif pada pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018 yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya," kata Mikail. Mikail pun memprediksi pergerakan rupiah hari ini masih akan stabil di kisaran Rp 13.950 per dollar AS-Rp 13.990 per dollar AS.

Mikail memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dapat tumbuh lebih tinggi di kuartal selanjutnya di tahun ini. Rupiah pun ia prediksikan masih terjaga karena Bank Indonesia akan terus intervensi jika rupiah jauh dari fundamentalnya. (Danielisa Putriadita)


Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah diproyeksi bergerak stabil merespons pertumbuhan ekonomi Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X