Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri dan Grab Kerja Sama Modali UMKM Kuliner

Kompas.com - 07/05/2018, 17:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
Bank Mandiri bekerja sama dengan Grab memberikan fasilitas pembiayaan kepada ribuan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kuliner yang tergabung dalam GrabFood. Nilainya bisa mencapai Rp 200 juta per outlet.

Kerja sama tersebut diharapkan bisa memperkuat modal kerja outlet dan ekspansi pasar rekanan ribuan UMKM kuliner yang menjadi mitra GrabFood.

"Melalui kerja sama ini, kami optimis bisa memberikan nilai tambah yang membuat fasilitas ini semakin jadi pilihan utama masyarakat," kata Pejabat Eksekutif Retail Banking Mandiri Donsuwan Simanjuntak di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Menurut Donsuwan, GrabFood sebagai salah satu penyedia layanan pengantaran makanan dan minuman dengan sistem door to door kini semakin populer di kalangan masyarakat millenial. Layanan ini memberikan kemudahan untuk menikmati jajanan kuliner apapun dengan mudah dan harga terjangkau.

Grab Indonesia menyambut baik kerja sama ini. Lantaran, bank pelat merah ini dianggap memiliki rekam jejak yang baik dalam membiayai UMKM di Indonesia.

"Kami berharap dapat membantu ribuan mitra GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia guna mendapati tambahan modal untuk mengantisipasi perkembangan bisnis kuliner mereka," ucap Ridzki.

Rekomendasi Grab

Bank Mandiri akan memberikan pinjaman dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para mitra GrabFood. Pinjaman diberikan oleh Bank Mandiri kepada mitra GrabFood berdasarkan rekomendasi dari Grab Indonesia.

Hanya mitra dengan riwayat transaksi aktif yang bakal direkomendasikan Grab untuk mendapatkan pinjaman dari Bank Mandiri. Rekomendasi akan membantu Bank Mandiri meminimalisir peluang terjadinya kredit macet alias non-performing loan (NPL) pada masa akan datang.

"Dengan skema ini, UMKM mitra GrabFood akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan plafon maksimal Rp 200 juta dan bunga 7 persen per tahun. Skema ini akan sangat menguntungkan dan mendukung UMKM mitra GrabFood dalam mengembangkan usaha mereka," sambung Donsuwan.

Donsuwan berharap skema ini dapat pula membantu Bank Mandiri memenuhi target penyaluran 50 persen KUR ke UMKM yang merupakan sektor produktif.

Pada tahap awal, program penyaluran pinjaman dari Bank Mandiri ini akan menyasar 800 hingga 1.000 UMKM kuliner mitra GrabFood di Bodetabek.

Sebagai informasi, hingga April 2018 Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 5,28 triliun kepada 85.235 debitur. Dari nilai tersebut, penyaluran ke sektor produktif telah mencapai 41 persen dari total penyaluran atau sebesar Rp 2,8 triliun.

Sektor lainnya yang menjadi target penyaluran KUR, yakni pertanian sebesar Rp 1,05 triliun, perikanan Rp 13 miliar, industri pengolahan sebesar Rp 272,6 miliar, dan jasa produksi sebesar Rp 839 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com