Himbara: Bank-bank BUMN Stabil

Kompas.com - 07/05/2018, 21:13 WIB
Ilustrasi bankShutterstock Ilustrasi bank


JAKARTA, KOMPAS.com
—Himpunan Bank Milik Negara ( Himbara) menyatakan kondisi bank-bank BUMN stabil dan kondusif. Ini di tengah adanya sentimen negatif global terkait kebijakan moneter di AS.

"Di dalam negeri fundamental ekonomi kita kuat, permintaan kredit terus meningkat,” ujar Ketua Himbara Maryono dalam pernyataannya, Senin (7/5/2018).

Kondisi ekonomi Indonesia saat ini, kata Maryono, masih jauh dari krisis. Hal ini didukung pertumbuhan ekonomi yang terus stabil dan kinerja perbankan yang juga naik signifikan. 

Menurut Maryono, penurunan harga saham khususnya sektor perbankan yang sempat terjadi pada akhir pekan lalu lebih disebabkan karena faktor global.

“Faktor ini yang membuat investor asing banyak menjual portofolio sahamnya di Indonesia terutama yang sudah memiliki untung banyak. Saham-saham yang sudah memiliki untung banyak adalah perbankan,” sebut dia.

Maryono mencontohkan, saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) sempat terkoreksi dikarenakan telah mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dalam kurun satu tahun. Karenanya, ujar dia, tidak heran jika pelaku pasar banyak melepas saham BBTN karena sudah meperoleh  keuntungan (capital gain) yang tinggi. 

“Kondisi ini hanya sementara, contohnya hari ini rebound, saham BBTN naik 240 poin (9,06 persen) ke level 2.890, tertinggi dibandingkan bank BUMN lainnya,” ungkap Maryono. 

Ia pun mengungkapkan, kinerja keuangan Bank BUMN pada triwulan I/2018 sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan dan berada dalam kondisi sangat sehat. 

“Membaca laporan keuangannya keliru, jadi tidak benar bank BUMN mengalami kerugian,” tutur dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X