Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paling Telat Juni 2018, PT Inka Kirim Sisa LRT Asian Games

Kompas.com - 08/05/2018, 22:41 WIB
Muhlis Al Alawi,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com
— PT Industri Kereta Api (Inka) menargetkan penyelesaian enam trainset light rail transit (LRT) Asian Games 2018 pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Juni 2018. Saat ini lima trainset sudah dalam proses finishing dan satu sisanya masih digarap.

"Kami bisa mengirim Mei 2018 dan paling telat Juni 2018 supaya pada Juli 2018 hasil pengujian sudah selesai. Dengan demikian Agustus 2018 bisa dioperasionalkan pada Asian Games," ujar General Manager Corporate Secretary PT INKA, I Ketut Astika, kepada Kompas.com, Selasa (8/5/2018).

Ketut menjelaskan, dari delapan trainset LRT pesanan PT KAI, dua di antaranya sudah dikirim ke Palembang, Sumatera Selatan. Setibanya di Palembang akan dilakukan uji coba sesuai kesiapan treknya.

Baca juga: LRT Jakarta dan Palembang Dijanjikan Beroperasi Juni-Agustus

Menurut Ketut, trek atau jalur yang akan dilewati LRT sedang dalam proses pembangunan dan sudah mendekati selesai. Setelah trek siap selanjutnya dilakukan pengujian sehingga bisa mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Ketut menambahkan, pengiriman kereta tergantung kesiapan sarana di lokasi. Enam trainset LRT dipastikan selesai sebelum Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com