Kompas.com - 09/05/2018, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Selasa (8/5/2018) melemah 1,88 persen ke level 5.774,72.

Investor asing masih keluar dengan nilai penjualan alias net sell sebesar Rp 180,89 miliar pada kemarin. Sementara, sejak awal tahun hingga saat ini, dana asing telah keluar sebanyak Rp 36,41 triliun.

Mengutip Kontan.co.id, Rabu (9/5/2018), analis Royal Investium Sekuritas Indonesia Wijen Ponthus menyatakan, pelemahan indeks bukan hanya dipengaruhi oleh depresiasi nilai tukar rupiah. Pasalnya, rupiah menembus level Rp 14.000 sudah diprediksi dan bukan sesuatu yang mengejutkan.

Yang mengejutkan justru beredar rumor bahwa dana yang keluar alias outflow tersebut pindah ke China, setelah negara tersebut masuk dalam MSCI Index.

“Saya belum konfirmasi kepastiannya. Jadi ada info semakin banyak outflow dari Indonesia ke China. Ini yang membuat IHSG turun cukup dalam,” kata Wijen di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/5).

Dia menyatakan, meski ada potensi bahwa China menjadi tujuan, namun ia melihat pertumbuhan ekonomi China bukan hal yang luar biasa. Pasalnya, ekonomi China sudah bertumbuh beberapa tahun sebelumnya, jadi bukan sesuatu yang luar biasa.

“Mereka pindah karena keharusan mereka masuk ke sana dan masuk dalam portfolio mereka,” tutur Wijen.

Meski demikian, kini China menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Asa. Hal ini bisa menjadi alasan bahwa banyak fund asing yang akhirnya melirik negeri tirai bambu tersebut, sebagai tujuan investasi.

“Ada portofolio baru dari index MSCI, sehingga bobot mereka ada yang dikurangi,” imbuhnya.

Wijen menambahkan, saat ini banyak orang melihat tren bearish pada indeks. Padahal, apabila dilihat secara historis, pada tahun politik, biasanya indeks cenderung mendaki. Menurutnya, rata-rata selama empat periode pemilihan umum, indeks terus naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.