Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter "Bergeluduk", Tumpahkan Air Jelang Puncak Kemarau

Kompas.com - 09/05/2018, 15:25 WIB
Dimas Wahyu

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Suara seperti geluduk yang berulang-ulang datang dari balik rerimbunan setinggi 20-30 meter di Sungai Tapah, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Puncaknya, sebuah helikopter Superpuma putih-merah-biru muncul menebas udara dengan menggotong muatan.

Dalam manuver setengah lingkaran, akhirnya muatan berisi 4.000 liter air itu tumpah di antara kerumunan orang-orang berseragam merah yang sempat menepi sambil membawa perkakasnya.

"Ini Mil8 Superpuma yang khusus untuk water bombing," ujar Eldi Ramadanis, Head of Fire Operation Management PT Wirakarya Sakti (WKS), mitra APP Sinar Mas, Kamis (3/5/2018) di Sungai Tapah.

Siang itu, Eldi bersama Frederic selaku ketua dari regu 23 orang menunjukkan langkah yang dilakukan manakala hutan di wilayah operasional mereka kebakaran, khususnya pada musim kemarau yang puncaknya diprediksi terjadi pada Agustus-September, beririsan dengan masa Asian Games.

"(Misi dalam simulasi kali ini) menyelamatkan hutan tanaman dan aset perumahan. Strategi kami, kami dari sisi kanan jika kemungkinan angin berbalik, kami membuat sekat bakar. Sekat bakar ini membersihkan lahan jarak 1 meter, rata, jangan ada vegetasi, untuk menghindari api menjalar," kata Frederic.


Fire Operation Management PT Wirakarya Sakti membuat sekat bakar untuk menghindari api menjalar dalam simulasi latihan di Sungai Tapah, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Kamis (3/5/2018).Dimas Wahyu Fire Operation Management PT Wirakarya Sakti membuat sekat bakar untuk menghindari api menjalar dalam simulasi latihan di Sungai Tapah, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Kamis (3/5/2018).
 
Api menjadi momok yang terus dipantau tim manajemen api. Sesuai dengan strategi yang berinduk pada tim manajemen api APP Sinar Mas, usaha mengatasi kebakaran lahan berangkat dari empat pilar, yakni pencegahan, persiapan, deteksi awal, dan respons cepat.

"Target kami zero fire. Suatu wilayah akan disebut kebakaran jika luasnya lebih dari 0,2 hektar. Setiap kasus, dalam waktu 2 jam sudah harus pendeteksian awal (apakah titik panas berarti titik api). Lalu jika ada api, harus sudah mati maksimal 8 jam," tambah Eldi.

Untuk Jambi, mereka pada tahun lalu ketambahan 46 personel. Oleh karennya, total jumlah personel regu pemadam kebakaran mereka di Jambi—yang bersertifikasi Manggala Agni—kini menjadi 330 orang.

Gambut

Eldi menjelaskan, sebanyak 49 titik api ditemukan pada tahun 2017 dari total ratusan laporan titik panas yang terdeteksi dalam radius 5 km. Temuan titik api ini termasuk di lahan luar konsesi Sinar Mas.

Pada prosesnya, titik panas mula-mula dipantau via satelit melalui ruang kontrol yang berpusat di Jakarta, lalu disebarkan ke wilayah operasional APP Sinar Mas, termasuk di Jambi.

Baca: Asian Games, Sinar Mas Janji Lebih Cepat Tekan Titik Api Palembang

Eldi Ramadanis, Head of Fire Operation Management PT Wirakarya Sakti (WKS), mitra APP Sinarmas, memaparkan wilayah rawan titik panas di sejumlah distrik di Jambi, Kamis (3/5/2018).Dimas Wahyu Eldi Ramadanis, Head of Fire Operation Management PT Wirakarya Sakti (WKS), mitra APP Sinarmas, memaparkan wilayah rawan titik panas di sejumlah distrik di Jambi, Kamis (3/5/2018).
"Dari 10 distrik, yang merah adalah daerah yang cukup rawan. Total ada 15 (penyebab). Dari membakar lahan, sampai mengusir tawon," demikian paparan Eldi, sebelum simulasi di lapangan dengan helikopter Superpuma tadi, yang disewa dari perusahaan Hevilift di Balikpapan.

Mudahnya dan murahnya cara membuka lahan dengan membakar hutan menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran, di luar faktor alam seperti kemarau. Artinya, faktor ekonomi rentan menggiring masyarakat umum untuk melakukan pembakaran tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com