Jokowi Targetkan 7 Juta Sertifikat Dibagikan ke Masyarakat

Kompas.com - 09/05/2018, 15:49 WIB
Presiden RI Joko Widodo tiba di Kabupaten Rokan Hilir Riau, Rabu (9/5/2018), untuk meluncurkan program peremajaan sawit rakyat di Riau. dok. Biro Pers SetpresPresiden RI Joko Widodo tiba di Kabupaten Rokan Hilir Riau, Rabu (9/5/2018), untuk meluncurkan program peremajaan sawit rakyat di Riau.

RIAU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menargetkan tujuh juta sertifikat lahan bisa dibagikan kepada masyarakat pada tahun 2018. Pada tahun lalu, pemerintah sudah membagi-bagikan lima juta sertifikat tanah di seluruh Indonesia.

"Tahun kemarin kita targetkan 5 juta sertifikat harus keluar, tahun ini 7 juta sertifikat di seluruh tanah air harus keluar," ujar Jokowi saat peresmian program peremajaan perkebunan sawit rakyat di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Rabu (8/5/2018).

Jokowi meminta kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bisa merealisasikan target ini. Saat ini, kata Jokowi, para pegawai Kementerian ATR bekerja siang dan malam untuk merealisasikan target tersebut.

"Biasanya setahun di kementerian ATR/BPN hanya menyelesaikan 500.000-600.000 (sertifikat) di seluruh Indonesia, targetnya tahun ini 7 juta (sertifikat), 12 kali lipat biar enggak tidur semuanya," kata Jokowi.

Baca juga: Lihat Pohon Sawit Tua di Riau, Jokowi Minta Peremajaan Segera

Di Rokan Hilir sendiri, lanjut Jokowi, pemerintah menargetkan akan membagi-bagikan 15.000 sertifikat kepada para warga. Menurut dia, pemberian sertifikat ini dilakukan untuk mengurangi permasalahan sengketa lahan yang kerap terjadi di masyarakat.

"Saya ini kan sering blusukan ke kampung, desa, yang saya dengar (soal) sengketa lahan di mana-mana. Oleh sebab itu ini yang (ingin) kita selesaikan," ucap Jokowi.

Kompas TV Saat membagikan sertifikat tanah, presiden berpesan agar warga tak mudah terpecah hanya karena beda pilihan di Pilkada dan Pilpres.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X