KILAS EKONOMI

Pemerintah Dorong Penyerapan Gabah Petani

Kompas.com - 09/05/2018, 17:10 WIB
Kementerian Pertanian, TNI AD, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi untuk mempercepat penyerapan gabah petani di kantor Perum Bulog, Rabu (9/5/2018) Dok. Humas KementanKementerian Pertanian, TNI AD, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi untuk mempercepat penyerapan gabah petani di kantor Perum Bulog, Rabu (9/5/2018)

KOMPAS.com - Pemerintah berupaya memperkuat cadangan beras pemerintah dengan meningkatkan serapan gabah petani (sergab).

Oleh karenanya, pemerintah menggelar rapat koordinasi antara Kementerian Pertanian, TNI Angkatan Darat, dan Perum Bulog di kantor Perum Bulog, Rabu (9/5/2018).

"Rapat koordinasi ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan serapan gabah petani untuk memperkuat cadangan beras pemerintah," kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat membuka rapat tersebut.

(Baca: Optimalkan Penyerapan Gabah, Bulog dan Kementan Gelar Rapat Koordinasi)

Berdasarkan data Bulog per 7 Mei 2018, realisasi pengadaan gabah/beras oleh Perum Bulog sebesar 667.852 ton atau 30 persen dari total target hingga Juni 2018 sejumlah 2,2 juta ton.

Target penyerapan ini akan terus ditingkatkan karena potensi panen masih cukup besar.

Penyerapan difokuskan pada 10 provinsi sentra beras, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Kementerian Pertanian, TNI AD, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi untuk mempercepat penyerapan gabah petani di kantor Perum Bulog, Rabu (9/5/2018)Dok. Humas Kementan Kementerian Pertanian, TNI AD, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi untuk mempercepat penyerapan gabah petani di kantor Perum Bulog, Rabu (9/5/2018)

Pengadaan beras atau pun gabah merupakan langkah strategis untuk mengisi cadangan pangan pemerintah.

"Cadangan pangan pemerintah ini sangat penting untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga, dan bencana," katanya.

(Baca: Harga Gabah di Petani Turun Tapi Harga Beras Naik, Apa Kata Menteri Pertanian)

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.