Akan Layani Penerbangan Reguler, Akses Bandara Pondok Cabe Masih Kurang - Kompas.com

Akan Layani Penerbangan Reguler, Akses Bandara Pondok Cabe Masih Kurang

Kompas.com - 09/05/2018, 22:24 WIB
Direktur Utama PT Pelita Air Service Dani Adriananta. Foto diambil di Jakarta pada Rabu (9/5/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Direktur Utama PT Pelita Air Service Dani Adriananta. Foto diambil di Jakarta pada Rabu (9/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski ditargetkan bisa beroperasi secara reguler tahun ini, Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan masih terhambat oleh akses menuju ke sana.

"Saat ini kendalanya aksesabilitas menuju (Bandara) Pondok Cabe masih belum baik," kata Direktur Utama PT Pelita Air Service Dani Adriananta di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dani menambahkan, akses menuju Bandara Pondok Cabe saat ini masih mengandalkan jalan biasa yang bisa ditempuh dari Jalan Nasional Bogor-Jakarta dan akses jalan dari Terminal Lebak Bulus.

Untuk itu, Dani berharap pembangunan infrastruktur semacam mass rapid transit (MRT) Jakarta bisa memberikan akses lebih baik menuju Bandara Pondok Cabe.

Baca juga: Target, Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan Reguler pada Tahun Ini

"Adanya MRT di Lebak Bulus dan rencana pembangunan Tol JORR 2 bisa menjadi solusi soal aksesabilitas itu sebab kalau ditarik garis lurus dari Terminal Lebak Bulus ke Pondok Cabe itu hanya empat kilometer," sebut dia.

Meski proyek MRT Jakarta dan Tol JORR 2 ditargetkan rampung pada 2019, Dani tetap menargetkan Bandara Pondok Cabe bisa melayani penerbangan umum tahun ini.

Adapun saat ini pengoperasian Bandara Pondok Cabe baru sebatas untuk kegiatan penerbangan yang melayani charter bagi sejumlah perusahaan migas.

"Kami harapkan dengan dukungan dari stakeholder Bandara Pondok Cabe bisa beroperasi reguler tahun ini," sebut Dani.

Selain itu, revitalisasi yang dilakukan PT Pertamina (Persero) terhadap Bandara Pondok Cabe juga menjadi alasan atas optimisme Dani tersebut.

Revitalisasi tersebut membuat Bandara Pondok Cabe diberikan sertifikat Bandar Udara Khusus-Domestik. Pertamina pun memberikan izin pengelolaan Bandara Pondok Cabe secara penuh ke anak usahanya, PT Pelita Air Service.

Dengan begitu, maka Pelita Air telah mengelola tiga bandara. Sebelum mengelola Bandara Pondok Cabe, Pelita Air terlebih dahulu mengelola Bandara Warukin di Tabalong, Kalimantan Selatan dan Bandara Pinang Kampai di Dumai, Riau.



Close Ads X