Kompas.com - 10/05/2018, 19:14 WIB
Peluncuran resmi layanan keuangan TCASH-BTN Cermat di lapangan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (10/5/2018) KOMPAS.com / Andi HartikPeluncuran resmi layanan keuangan TCASH-BTN Cermat di lapangan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (10/5/2018)

MALANG, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan layanan keuangan melalui telepon seluler.

Dalam kerjasama itu, BTN akan memanfaatkan T-cash, produk mobile financial service milik Telkomsel untuk mendukung layanan BTN Cermat, layanan keuangan inklusif atau laku pandai milik BTN.

"Jadi kita tidak hanya semata - mata membuat rencana transaksi perbankan saja. Bagaimana transaksi perbankan ini kita gabung dengan transaksi digital. Transaksi digital yang dimiliki oleh Telkomsel itu luar biasa. Dia punya nasabah hampir 200 juta," kata Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono dalam peluncuran T-cash-BTN Cermat di lapangan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (10/5/2018).

Maryono berharap, kerja sama T-cash-BTN Cermat itu bisa meningkatkan jumlah agen laku pandai sebanyak 10.000 dengan 200.000 rekening tabungan pada tahun ini.

Baca juga: Antisipasi Pembobolan Dana Nasabah, Ini yang Dilakukan BTN

"Sampai akhir tahun kita harapkan bisa 200.000 nasabah," katanya.

Kedepan, BTN melalui T-cashjuga akan menghadirkan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para nasabahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, layanan tersebut bisa membantu masyarakat yang ada di pelosok untuk melakukan transaksi perbankan melalui keungan inklusif atau laku pandai.

"Memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas. Tidak hanya networknya tetapi juga agen - agennya. Agen - agen Telkomsel akan dipersiapkan oleh BTN untuk menjadi agen - agen BTN juga. Ini suatu sinergi yang sangat menguntungkan tidak hanya bagi BTN dan Telkomsel tapi juga bagi masyarakat luas," katanya.

Sementara itu, data dari The Global Findex Databes pada tahun 2017 menyebutkan, terdapat lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. Alasan utamanya adalah tidak ada dana yang memadai dan dan biaya untuk menjangkau kantor bank.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.