Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Keuangan Inklusif, BTN Gandeng Telkomsel

Kompas.com - 10/05/2018, 19:14 WIB
Andi Hartik,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan layanan keuangan melalui telepon seluler.

Dalam kerjasama itu, BTN akan memanfaatkan T-cash, produk mobile financial service milik Telkomsel untuk mendukung layanan BTN Cermat, layanan keuangan inklusif atau laku pandai milik BTN.

"Jadi kita tidak hanya semata - mata membuat rencana transaksi perbankan saja. Bagaimana transaksi perbankan ini kita gabung dengan transaksi digital. Transaksi digital yang dimiliki oleh Telkomsel itu luar biasa. Dia punya nasabah hampir 200 juta," kata Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono dalam peluncuran T-cash-BTN Cermat di lapangan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (10/5/2018).

Maryono berharap, kerja sama T-cash-BTN Cermat itu bisa meningkatkan jumlah agen laku pandai sebanyak 10.000 dengan 200.000 rekening tabungan pada tahun ini.

Baca juga: Antisipasi Pembobolan Dana Nasabah, Ini yang Dilakukan BTN

"Sampai akhir tahun kita harapkan bisa 200.000 nasabah," katanya.

Kedepan, BTN melalui T-cashjuga akan menghadirkan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para nasabahnya.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, layanan tersebut bisa membantu masyarakat yang ada di pelosok untuk melakukan transaksi perbankan melalui keungan inklusif atau laku pandai.

"Memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas. Tidak hanya networknya tetapi juga agen - agennya. Agen - agen Telkomsel akan dipersiapkan oleh BTN untuk menjadi agen - agen BTN juga. Ini suatu sinergi yang sangat menguntungkan tidak hanya bagi BTN dan Telkomsel tapi juga bagi masyarakat luas," katanya.

Sementara itu, data dari The Global Findex Databes pada tahun 2017 menyebutkan, terdapat lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. Alasan utamanya adalah tidak ada dana yang memadai dan dan biaya untuk menjangkau kantor bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com