Merapi Erupsi, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ditutup

Kompas.com - 11/05/2018, 10:48 WIB
Ilustrasi: Suasana Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (1/10/2017). HERMANIlustrasi: Suasana Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (1/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasional penerbangan di bandara Adisutjipto Yogyakarta ditutup pada Jumat (11/5/2018) siang ini, menyusul Gunung Merapi mengalami erupsi. Penutupan dimulai pada pukul 10.42 WIB.

Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait menuturkanbaru saja ada keputusan untuk menutup Bandara Adisoetjipto. "Iya, baru saja ditutup," ujarnya Jumat (11/5/2018).

Menurut Yohanes, AirNav tidak hanya memantau Bandara Adisutjipto di Yogyakarta, namun juga bandara-bandara lain yang berpotensi terdampak.

Adapun bandara lainnya adalah Bandara Adi Soemarmo Solo yang berada 15 NM dari Merapi serta Bandara Ahmad Yani Semarang yang berada 32 NM dari Merapi.

Baca juga: Arah Angin Berubah, Bandara Adisutjipto Tutup Lagi sampai Sore

Sebelumnya diberitakan, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi, Jumat (11/5/2018). Erupsi terjadi sekitar pukul 07.50 WIB.

"Untuk erupsi benar terjadi. 30 menit yang lalu," kata Edi Danarto dari Tim reaksi Cepat BPBD DIY saat dihubungi, Jumat.

Menurut Edi, saat ini tim BPBD DIY sedang melakukan pendataan dan evakuasi warga di sekitar kawasan Merapi. BPBD juga mengingatkan warga di sekitar kawah untuk segera mengungsi. "Warga yang tinggal di radius 5 km dari kawah Merapi diharapkan segera turun dan mengungsi," tuturnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X