3 Opsi Buat Penumpang AirAsia yang Batal Terbang karena Erupsi Merapi - Kompas.com

3 Opsi Buat Penumpang AirAsia yang Batal Terbang karena Erupsi Merapi

Kompas.com - 11/05/2018, 16:03 WIB
Ilustrasi pesawat AirAsiaKOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Ilustrasi pesawat AirAsia


JAKARTA, KOMPAS.com
—Setidaknya 12 penerbangan AirAsia dari dan ke Bandara Adisutjipto di Yogyakarta terdampak erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018). AirAsia memberikan tiga opsi bagi penumpang dari penerbangan yang terdampak itu.

"Pertama, penumpang bisa mengubah jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula," sebut Head of Communications AirAsia Baskoro Adiwiyono melalui keterangan tertulis, Jumat (11/5/2018).

Penumpang pengguna opsi ini tidak akan dikenakan biaya tambahan tetapi bergantung pada ketersediaan kursi.

Baca juga: Merapi Erupsi, Penerbangan AirAsia dari dan ke Yogyakarta Batal

Opsi kedua, lanjut Baskoro, penumpang akan memiliki akun deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan pada hari ini untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari.

Adapun alternatif ketiga bagi penumpang adalah pengembalian dana atau refund.

"Pengembalian dana secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih saat transaksi," kata Baskoro.

Penumpang juga diperbolehkan mengubah rute tujuan terdekat dengan Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula.

Penumpang AirAsia, kata Baskoro, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan tetapi tergantung ketersediaan kursi.

"Kami juga menyarankan penumpang untuk memeriksa jadwal perjalanan melalui fitur 'Pembelian Saya' di situs AirAsia sebelum menuju ke bandara," kata Baskoro.

Baskoro menjanjikan maskapainya akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait agar dapat sesegera mungkin menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini kepada para calon penumpangnya.

Setidaknya 12 penerbangan AirAsia dari dan menuju Yogyakarta terdampak erupsi Gunung Merapi. Akibat erupsi ini, Bandara Adisutjipto dinyatakan tertutup bagi penerbangan hingga pukul 16.30 WIB.


Baca juga: Arah Angin Berubah, Bandara Adisutjipto Tutup Lagi sampai Sore

AirAsia memberi opsi pelayanan kompensasi dari batalnya penerbangan pada hari ini. Pertama, penumpang bisa mengubah jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula. Penumpang tidak akan dikenakan biaya tambahan tetapi bergantung pada ketersediaan kursi. Opsi kedua, akun deposit senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari. Alternatif ketiga, pengembalian dana atau refund. "Pengembalian dana secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan dan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih saat transaksi," kata Baskoro. Penumpang juga diperbolehkan mengubah rute tujuan terdekat ke Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula. Penumpang AirAsia, kata Baskoro, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan tetapi tergantung ketersediaan kursi. "Kami juga menyarankan penumpang untuk memeriksa jadwal perjalanan melalui fitur 'Pembelian Saya' di situs AirAsia sebelum menuju ke bandara," kata Baskoro. Baskoro menjanjikan maskapainya akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait agar dapat sesegera mungkin menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini kepada para calon penumpangnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Merapi Erupsi, Penerbangan AirAsia dari dan ke Yogyakarta Batal", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/11/145616626/merapi-erupsi-penerbangan-airasia-dari-dan-ke-yogyakarta-batal.
Penulis : Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Editor : Palupi Annisa Auliani

Komentar
Close Ads X