Ini Catatan dari Konvensi Haji dan Umrah Dunia - Kompas.com

Ini Catatan dari Konvensi Haji dan Umrah Dunia

Kompas.com - 11/05/2018, 19:41 WIB
Kabah.Bandar Al-Dandani/AFP Kabah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesepakatan terkini terkait kenaikan target kunjungan jemaah haji dan umrah ke Arab Saudi menjadi catatan penting World Hajj & Umrah Convention 2018.

Dari laman whuj.org hari ini diperoleh informasi bahwa perhelatan konvensi di London itu mematok angka 30 juta kunjungan tiap tahunnya.

Sebelumnya, kata Ketua Konvensi Haji dan Umrah Dunia, Mohsin Tutla, industri haji dan umrah di seluruh dunia telah mencapai angka 16 miliar dolar AS dengan rata-rata kunjungan 8 juta orang setiap tahun.

Konvensi tersebut digelar di The Crystal, Royal Victoria London, Inggris. Hadir perwakilan pemerintah dari 10 negara Muslim terpadat.

Peserta konvensi berkomitmen akan bekerja sama untuk mencapai target tersebut bersama program milik pemerintah Saudi Arabia yaitu Saudi Vision 2030.

Sementara itu, pelindung Konvensi Haji dan Umrah Dunia untuk Kerajaan Inggris, Lord Adam Patel dari Blackburn memaparkan bahwa dari 3 juta jamaah di seluruh dunia yang melaksanakan ibadah haji, Inggris menyumbang lebih dari 25.000 jamaah.

Sedangkan, dari 8 juta jamaah yang melaksanakan umrah, 100.000 jamaah berasal dari Inggris.

Indonesia

Sementara, seturut rilis dari Safabooking.com hari ini, diperoleh data bahwa Indonesia pada 2017 memberangkatkan 850.000 jamaah umrah setiap tahun.

Direktur Utama SafaBooking.com Esam Al Zubaidi yang hadir pada konvensi tersebut mengatakan jumlah tersebut akan terus meningkat.

“Oleh karena itu, kami menyambut dengan optimistis target yang dikatakan pada konvensi tersebut,” kata Essam.

Tidak hanya memunculkan target kunjungan 30 juta jamaah setiap tahun, konvensi ini juga membahas mengenai kesehatan dan keselamatan, manajemen keuangan industri umrah, bahkan tentang tantangan penerbangan yang timbul karena adanya Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni-Juli 2018.


Komentar
Close Ads X